PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA KOMPETENSI DASAR LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA
Abstract
Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Project Based Learning merupakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang berisi suatu langkah kerja yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Selama mengerjakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS), siswa melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk akhir berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Project Based Learning (PjBL) pada kompetensi dasar laporan keuangan perusahaan jasa, untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan menurut Thiagarajan yaitu model 4D. Pengembangan ini hanya sampai tahap pengembangan, sedangkan tahap ke empat yaitu penyebaran tidak dilakukan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Angket terbuka menghasilkan data kualitatif yaitu berupa telaah LKS oleh ahli materi dan ahli grafis. Sedangkan angket tertutup menghasilkan jenis data kuantitatif berupa validasi oleh ahli materi, ahli grafis, serta uji coba terbatas pada 20 siswa kelas X Akuntansi 1 yang kemudian dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis Project Based Learning (PjBL) yang telah dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran laporan keuangan perusahaan jasa berdasarkan komponen isi, penyajian, bahasa, kegrafikan, dan kesesuaian dengan model Project Based Learning (PjBL). Dan respon siswa terhadap LKS berbasis Project Based Learning (PjBL) adalah dengan kriteria sangat baik.
Kata Kunci: Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Project Based Learning (PjBL), Laporan Keuangan Perusahaan Jasa
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 594