PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA KOMPETENSI DASAR LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA

  • ERIN INTAN KURNIA

Abstract

Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Project Based Learning merupakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang berisi suatu langkah kerja yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Selama mengerjakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS), siswa melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk akhir berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Project Based Learning (PjBL) pada kompetensi dasar laporan keuangan perusahaan jasa, untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan menurut Thiagarajan yaitu model 4D. Pengembangan ini hanya sampai tahap pengembangan, sedangkan tahap ke empat yaitu penyebaran tidak dilakukan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Angket terbuka menghasilkan data kualitatif yaitu berupa telaah LKS oleh ahli materi dan ahli grafis. Sedangkan angket tertutup menghasilkan jenis data kuantitatif berupa validasi oleh ahli materi, ahli grafis, serta uji coba terbatas pada 20 siswa kelas X Akuntansi 1 yang kemudian dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis Project Based Learning (PjBL) yang telah dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran laporan keuangan perusahaan jasa berdasarkan komponen isi, penyajian, bahasa, kegrafikan, dan kesesuaian dengan model Project Based Learning (PjBL). Dan respon siswa terhadap LKS berbasis Project Based Learning (PjBL) adalah dengan kriteria sangat baik.

Kata Kunci: Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Project Based Learning (PjBL), Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Published
2015-08-27
How to Cite
INTAN KURNIA, E. (2015). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA KOMPETENSI DASAR LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/13187
Section
Article
Abstract Views: 664
PDF Downloads: 594