PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMKN 10 SURABAYA

  • ARIF HIDAYAT

Abstract

Perkembangan aktivitas kognitif siswa melalui keterampilan metakognitif yang terdiri dari planning skill, manajemen strategi informasi, monitoring skill, debugging strategy, dan evaluating skill sangat penting dalam pembelajaran. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan metakognitif yang terdiri dari planning skill, manajemen strategi informasi, monitoring skill, debugging strategy, dan evaluating skill terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi siswa XI Akuntansi SMK Negeri 10 Surabaya secara simultan dan parsial. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Hasil Peneliitian menunjukkan secara simultan bahwa 83,3% hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dipengaruhi oleh planning skill, manajemen strategi informasi, monitoring skill, debugging strategy, dan evaluating skill. Sedangkan 16,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian. Secara parsial pengaruh planning skill didapatkan thitung>ttabel sebesar 4.245>1.9925, manajemen strategi informasi sebesar 5.206 > 1.9925, monitoring skill sebesar 5.303 > 1.9925, debugging strategy sebesar 3.286 > 1.9925, dan evaluating skill sebesar 2.647 > 1.9925. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh planning skill, manajemen strategi informasi, monitoring skill, debugging strategy, dan evaluating skill terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi secara simultan maupun parsial.

Kata Kunci: kognitif, metakognitif, hasil belajar

Published
2015-08-27
How to Cite
HIDAYAT, A. (2015). PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMKN 10 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/13190
Section
Article
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 55