PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMKN 10 SURABAYA
Abstract
Perkembangan aktivitas kognitif siswa melalui keterampilan metakognitif yang terdiri dari planning skill, manajemen strategi informasi, monitoring skill, debugging strategy, dan evaluating skill sangat penting dalam pembelajaran. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan metakognitif yang terdiri dari planning skill, manajemen strategi informasi, monitoring skill, debugging strategy, dan evaluating skill terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi siswa XI Akuntansi SMK Negeri 10 Surabaya secara simultan dan parsial. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Hasil Peneliitian menunjukkan secara simultan bahwa 83,3% hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dipengaruhi oleh planning skill, manajemen strategi informasi, monitoring skill, debugging strategy, dan evaluating skill. Sedangkan 16,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian. Secara parsial pengaruh planning skill didapatkan thitung>ttabel sebesar 4.245>1.9925, manajemen strategi informasi sebesar 5.206 > 1.9925, monitoring skill sebesar 5.303 > 1.9925, debugging strategy sebesar 3.286 > 1.9925, dan evaluating skill sebesar 2.647 > 1.9925. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh planning skill, manajemen strategi informasi, monitoring skill, debugging strategy, dan evaluating skill terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi secara simultan maupun parsial.
Kata Kunci: kognitif, metakognitif, hasil belajar
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 55