ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 SURABAYA
Abstract
Kurikulum merupakan hal penting dalam dunia pendidikan dan sifatnya dinamis serta harus selalu dilakukan perubahan dan pengembangan. Kurikulum 2013 merupakan program lanjutan dari pengembangan KBK dan KTSP yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan secara terpadu yang disertai dengan penyempurnaan pola pikir. Dalam kurikulum 2013 dikenal dengan adanya pendekatan saintifik dan penilaian auntentik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Surabaya menurut persepsi guru dan menurut persepsi siswa kelas XI akuntansi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan rancangan studi kasus. Sampel penelitian dengan teknik purposive random sampling. Responden dalam penelitian ini yaitu guru akuntansi kelas XI berjumlah 5 guru dan 19 siswa kelas XI akuntansi. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan skala pengukuran rating scale. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Surabaya memperoleh rerata prosentase sebesar 59,5%, sehingga dari hasil prosentase tersebut dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Surabaya cukup terlaksana dengan baik berdasar subyek penelitian.
Kata Kunci: Implemantasi Kurikulum 2013, Proses Pembelajaran, Proses Penilaian, dan
Pendekatan Saintifik
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 338