ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 SURABAYA

  • RIA ROHMATILLAH

Abstract

Kurikulum merupakan hal penting dalam dunia pendidikan dan sifatnya dinamis serta harus selalu dilakukan perubahan dan pengembangan. Kurikulum 2013 merupakan program lanjutan dari pengembangan KBK dan KTSP yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan secara terpadu yang disertai dengan penyempurnaan pola pikir. Dalam kurikulum 2013 dikenal dengan adanya pendekatan saintifik dan penilaian auntentik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Surabaya menurut persepsi guru dan menurut persepsi siswa kelas XI akuntansi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan rancangan studi kasus. Sampel penelitian dengan teknik purposive random sampling. Responden dalam penelitian ini yaitu guru akuntansi kelas XI berjumlah 5 guru dan 19 siswa kelas XI akuntansi. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan skala pengukuran rating scale. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Surabaya memperoleh rerata prosentase sebesar 59,5%, sehingga dari hasil prosentase tersebut dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Surabaya cukup terlaksana dengan baik berdasar subyek penelitian.

Kata Kunci: Implemantasi Kurikulum 2013, Proses Pembelajaran, Proses Penilaian, dan

Pendekatan Saintifik

Published
2015-08-27
How to Cite
ROHMATILLAH, R. (2015). ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/13192
Section
Article
Abstract Views: 102
PDF Downloads: 338