STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PERBANKAN
Abstract
Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) di sekolah diharapkan dapat meningkatkan keaktifan siswa dan kemampuan memecahkan masalah. Model pembelajaran ini dapat ditunjang dengan teknik mencatat tingkat tinggi yaitu mind mapping. Mind mapping adalah cara kreatif bagi siswa untuk menghasilkan ide-ide , mencatat pelajaran sehingga mudah diingat oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan dan tanpa mind mapping pada mata pelajaran dasar-dasar perbankan di kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Randomized Control Group Pretest—Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X AK 1 dan X AK 3. Analisis yang digunakan adalah uji t dengan statistic independent samples test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas ekperimen memiliki rata-rata sebesar 86,30 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memiliki rata-rata sebesar 82,42. Sedangkan berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung > ttabel (2,432>1,997) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Kata Kunci : problem based learning, mind mapping, hasil belajar
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 103