STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PERBANKAN

  • FENTY PUTRI MEIDA

Abstract

Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) di sekolah diharapkan dapat meningkatkan keaktifan siswa dan kemampuan memecahkan masalah. Model pembelajaran ini dapat ditunjang dengan teknik mencatat tingkat tinggi yaitu mind mapping. Mind mapping adalah cara kreatif bagi siswa untuk menghasilkan ide-ide , mencatat pelajaran sehingga mudah diingat oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan dan tanpa mind mapping pada mata pelajaran dasar-dasar perbankan di kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Surabaya.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Randomized Control Group Pretest—Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X AK 1 dan X AK 3. Analisis yang digunakan adalah uji t dengan statistic independent samples test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas ekperimen memiliki rata-rata sebesar 86,30 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memiliki rata-rata sebesar 82,42. Sedangkan berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung > ttabel  (2,432>1,997) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Kata Kunci : problem based learning, mind mapping, hasil belajar

Published
2016-08-26
How to Cite
PUTRI MEIDA, F. (2016). STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PERBANKAN. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/17051
Section
Article
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 103