Pengembangan LKS Berbasis Kurikulum 2013 Materi Akuntansi Piutang Usaha di SMK Negeri Se-Surabaya

  • EVA MARDIANA PRAMESWARI

Abstract

Abstrak

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang di dalamnya menggunakan pendekatan saintifik. Pembelajaran dalam kurikulum 2013 memiliki tujuan untuk melatih siswa agar mandiri dan aktif dalam pembelajaran di kelas. Materi akuntansi piutang usaha merupakan materi yang memerlukan tingkat pemahan yang tinggi dibanding dengan materi lainnya dalam proses pembelajaran. Bahan ajar yang digunakan masih belum sesuai dengan kurikulum 2013 dan masih belum mampu membuat siswa aktif dan mandiri. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk akhir berupa LKS berbasis Kurikulum 2013 materi akuntansi piutang usaha, mengetahui tingkat kelayakan, dan respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Mollenda. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang terdiri dari angket terbuka dan angket tertutup. Angket terbuka menghasilkan data kualitatif yang diperoleh dari telaah para ahli. Untuk angket tertutup menghasilkan data kuantitatif yang diperoleh dari validasi para ahli dan hasil respon siswa saat uji coba terbatas. Hasil presentase validasi diperoleh dari hasil perhitungan berdasarkan skala Likert dan hasil respon siswa menggunakan skala Guttman. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan isi sebesar 83,6% dengan kriteria sangat layak, penyajian sebesar 95,3%  dengan kriteria sangat layak, bahasa sebesar 81,1% dengan krieria sangat layak, dan kegrafikan sebesar 90% dengan kriteria sangat layak. Rata-rata keempat komponen tersebut adalah 87,5% dengan kriteria sangat layak. Rata-rata presentase dari respon siswa sebesar 98,05% dengan kriteria sangat baik.

 

Kata kunci : Lembar Kerja Siswa, Kurikulum 2013, Akuntansi Piutang Usaha

Published
2016-08-26
How to Cite
MARDIANA PRAMESWARI, E. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Kurikulum 2013 Materi Akuntansi Piutang Usaha di SMK Negeri Se-Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/17052
Section
Article
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 52