PENGEMBANGAN MODUL AKUNTANSI PERUSAHAAN MANUFAKTUR DENGAN SCIENTIFIC APPROACH MATERI HARGA POKOK PESANAN
Abstract
Modul atau bahan ajar yang digunakan di SMKN 2 Buduran saat ini masih belum sesuai dengan Kurikulum 2013 yang diterapkan di SMKN 2 Buduran. Dimana dalam Kurikulum 2013 proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik (scientific approach). Terdapat 5 tahapan belajar dalam pendekatan saintifik, yaitu mengamati, menanya, mencoba/mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menghasilkan modul akuntansi perusahaan manufaktur berbasis scientific approach pada materi metode harga pokok pesanan di kelas XII Akuntansi SMKN 2 Buduran, mengetahui kelayakan modul dan mengetahui respon daripeserta didik. Pengembangan modul akuntansi perusahaan manufaktur ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar telaah para ahli, lembar validasi para ahli dan angket respon siswa yang menghasilkan data kuantitatif. Hasil validasi sebesar 84,55% diperoleh dari ahli materi, 84% diperoleh dari ahli grafis, dan 82% diperoleh dari ahli bahasa, sehingga diperoleh rata-rata persentase sebesar 83,77% yang artinya sangat layak. Sedangkan dari hasil angket respon peserta didik pada saat uji coba memperoleh rata-rata persentase sebesar 94,06% yang artinya sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul akuntansi perusahaan manufaktur dinyatakan sangat layak dan sangat baik apabila digunakan dalam kegiatan pembelajaran akuntansi perusahaan manufaktur di kelas XII Akuntansi SMKN 2 Buduran dan mendapat respon baik dari peserta didik.
Kata Kunci: Modul Akuntansi, Scientific Approach, ADDIE, Metode Harga Pokok Pesanan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 102