PENGEMBANGAN MODUL AKUNTANSI PERUSAHAAN MANUFAKTUR DENGAN SCIENTIFIC APPROACH MATERI HARGA POKOK PESANAN

  • RIZKA AULIA

Abstract

Modul atau bahan ajar yang digunakan di SMKN 2 Buduran saat ini masih belum sesuai dengan Kurikulum 2013 yang diterapkan di SMKN 2 Buduran. Dimana dalam Kurikulum 2013 proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik (scientific approach). Terdapat 5 tahapan belajar dalam pendekatan saintifik, yaitu mengamati, menanya, mencoba/mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menghasilkan modul akuntansi perusahaan manufaktur berbasis scientific approach pada materi metode harga pokok pesanan di kelas XII Akuntansi SMKN 2 Buduran, mengetahui kelayakan modul dan mengetahui respon daripeserta didik. Pengembangan modul akuntansi perusahaan manufaktur ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar telaah para ahli, lembar validasi para ahli dan angket respon siswa yang menghasilkan data kuantitatif. Hasil validasi sebesar 84,55% diperoleh dari ahli materi, 84% diperoleh dari ahli grafis, dan 82% diperoleh dari ahli bahasa, sehingga diperoleh rata-rata persentase sebesar 83,77% yang artinya sangat layak. Sedangkan dari hasil angket respon peserta didik pada saat uji coba memperoleh rata-rata persentase sebesar 94,06% yang artinya sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul akuntansi perusahaan manufaktur dinyatakan sangat layak dan sangat baik apabila digunakan dalam kegiatan pembelajaran akuntansi perusahaan manufaktur di kelas XII Akuntansi SMKN 2 Buduran dan mendapat respon baik dari peserta didik.

 

Kata Kunci: Modul Akuntansi, Scientific Approach, ADDIE, Metode Harga Pokok Pesanan.

Published
2016-08-26
How to Cite
AULIA, R. (2016). PENGEMBANGAN MODUL AKUNTANSI PERUSAHAAN MANUFAKTUR DENGAN SCIENTIFIC APPROACH MATERI HARGA POKOK PESANAN. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/17058
Section
Article
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 102