PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN DALAM K13 PADA MATERI SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA UNTUK SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 PROBOLINGGO

  • DEWI RAHMAWATI

Abstract

Kurikulum 2013 diimplementasikan kurang lebih 3 tahun, namun bahan ajar yang mendukung masih sulit ditemukan khususnya bagi siswa program keahlian akuntansi. Selain itu, materi siklus akuntansi perusahaan jasa merupakan materi awal yang diberikan pada siswa baru program akuntansi dan siswa merasa kesulitan dalam memahami materi baru tersebut. Sehingga dibutuhkan bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013 agar dapat membantu siswa dalam memahaminya. Salah satu bahan ajar yang mendukung adalah Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS sebagai penunjang pembelajaran dalan K13 pada materi siklus akuntansi perusahaan jasa, juga mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Dalam penelitian ini digunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi atau penerapan), dan Evaluation (evaluasi atau penilaian) yang dikembangkan oleh Grafinger (dalam Moelenda, 2003). Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS dikatakan sangat layak digunakan, hal tersebut didasarkan pada komponen kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan. Berdasarkan hasi validasi diperoleh presentase sebesar 83,333% untuk komponen penyajian, 83,007% untuk komponen isi, 90,909% untuk komponen kebahasaan dan 83,333% untuk kegrafikan. Sedangkan hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan sangat baik menurut hasil respon siswa dengan persentase sebesar 94,5%.

 

Kata Kunci : Lembar Kegiatan Siswa, , Siklus Akutansi Perusahaan Jasa,  ADDIE.

Published
2016-08-26
How to Cite
RAHMAWATI, D. (2016). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN DALAM K13 PADA MATERI SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA UNTUK SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 PROBOLINGGO. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/17063
Section
Article
Abstract Views: 144
PDF Downloads: 133