PENGARUH LOVE OF MONEY, PENDIDIKAN KEUANGAN DI KELUARGA, HASIL BELAJAR MANAJEMEN KEUANGAN, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN PRIBADI MAHASISWA
Abstract
Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan memanajemen keuangan pribadinya dengan baik. Manajemen keuangan pribadi dapat dipengaruhi beberapa faktor yang meliputi kecintaan terhadap uang, pendidikan keuangan di keluarga, hasil belajar manajemen keuangan, dan teman sebaya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi angkatan 2012 dan 2013 dan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian dari uji F Fhitung sebesar 17,924 lebih besar dari Ftabel sebesar 2,46 dan didukung signifikansi 0.000 yang menunjukkan bahwa love of money, pendidikan keuangan di keluarga, hasil belajar manajemen keuangan, dan teman sebaya secara simultan mempunyai pengaruh terhadap manajemen keuangan pribadi mahasiswa. Hasil uji t menunjukkan (1) Love of moneyberpengaruh positiff dan signifikan terhadap manajmenen keuangan pribadi mahasiwa sebesar 2,259; (2) Pendidikan keuangan di keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajmenen keuangan pribadi mahasiwa sebesar 4,752; (3) Hasil belajar manajemen keuangan tidak mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen keuangan pribadi mahasiswa sebesar -0,378; dan (4) Teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajmenen keuangan pribadi mahasiwa sebesar 2,180. Nilai Adjusted R Square sebesar 0.379 berarti bahwa 37,9% manajmenen keuangan pribadi mahasiwa dipengaruhi oleh love of money, pendidikan keuangan di keluarga, hasil belajar manajemen keuangan, dan teman sebaya.
Kata Kunci: love of money, pendidikan keuangan di keluarga, hasil belajar, teman sebaya, manajemen keuangan pribadi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 690