PENGARUH KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS, HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI, DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 SURABAYA
Abstract
Pendidikan pada saat ini merupakan kebutuhan bagi semua manusia yang berjalan secara terus-menurus tanpa henti. Dimana dengan pendidikan manusia dapat berkembang sesuai dengan kemampuan yang ada pada dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “pengaruh kecerdasan logis-matematis (X1), hasil belajar Pengantar Akuntansi (X2), pengunaan media pembelajaran (X3) terhadap tingkat pemahaman akuntansi siswa SMK Negeri 1 Surabaya Prodi Akuntansi (Y).” Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan nilai hasil belajar siswa dan lembar kuesioner atau angket. Teknik analisis datanya menggunakan analisis statistika regresi berganda dengan bantuan Software.
Hasil pengumpulan data angket dan nilai siswa bertujuan untuk menguji tingkat pengaruh variabel X1, X2, dan X3 terhadap Y. Dari hasil penelitian didapatkan “bahwa Kecerdasan logis-matematis, hasil belajar pengantar akuntansi, dan penggunaan media pembelajaran baik sendiri-sendiri maupun bersama-sama berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi.”
Kata Kunci : Logis-Matematis, Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Akuntansi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 353