PENGEMBANGAN MEDIA PENGAYAAN MERCHANDISE INVENTORY GAME PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI DI SURABAYA

  • YATIK PITA ASRINI

Abstract

Perkembangan teknologi perlu diimplementasikan pada kegiatan pembelajaran evaluasi maupun kegiatan pembelajaran pengayaan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Surabaya. Pembelajaran dengan menggunakan media dalam bentuk game dapat, menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Sehingga siswa dapat lebih mudah untuk memahami materi. Pengembangan media ini bertujuan untuk membuat varian dalam pembelajaran terutama untuk kegiatan pengayaan dan untuk mengetahui kelayakan media pengayaan yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah mmodel pengembangan ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian meliputi 2 ahli materi dan 1 ahli media serta 30 siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri di Surabaya. Penelitian ini akan menunjukkan hasil kelayakan media pengayaan merchandise inventory game sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran. Hasil validasi pengembangan media pengayaan merchandise inventory game dari ahli materi dan ahli media memperoleh rata-rata persentase sebesar 86,54% dan 86% dengan kriteria sangat layak maka perolehan rata-rata persentase secara keseluruhan dari para ahli sebesar 86,27% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan, hasil angket respon peserta didik memperoleh rata-rata persentase sebesar 92,73% dengan kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media pengayaan merchandise inventory game pada mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.”.

 Kata Kunci : Media Pengayaan, Merchandise Inventory Game, Akuntansi Perusahaan Dagang

Published
2017-07-19
How to Cite
PITA ASRINI, Y. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PENGAYAAN MERCHANDISE INVENTORY GAME PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI DI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/20384
Section
Article
Abstract Views: 115
PDF Downloads: 83