PENGEMBANGAN MEDIA PENGAYAAN MERCHANDISE INVENTORY GAME PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI DI SURABAYA
Abstract
Perkembangan teknologi perlu diimplementasikan pada kegiatan pembelajaran evaluasi maupun kegiatan pembelajaran pengayaan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Surabaya. Pembelajaran dengan menggunakan media dalam bentuk game dapat, menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Sehingga siswa dapat lebih mudah untuk memahami materi. Pengembangan media ini bertujuan untuk membuat varian dalam pembelajaran terutama untuk kegiatan pengayaan dan untuk mengetahui kelayakan media pengayaan yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah mmodel pengembangan ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian meliputi 2 ahli materi dan 1 ahli media serta 30 siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri di Surabaya. Penelitian ini akan menunjukkan hasil kelayakan media pengayaan merchandise inventory game sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran. Hasil validasi pengembangan media pengayaan merchandise inventory game dari ahli materi dan ahli media memperoleh rata-rata persentase sebesar 86,54% dan 86% dengan kriteria sangat layak maka perolehan rata-rata persentase secara keseluruhan dari para ahli sebesar 86,27% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan, hasil angket respon peserta didik memperoleh rata-rata persentase sebesar 92,73% dengan kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media pengayaan merchandise inventory game pada mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.”.
Kata Kunci : Media Pengayaan, Merchandise Inventory Game, Akuntansi Perusahaan Dagang
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 83