PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA” “MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK MATERI PAJAK PERTAMBAHAN NILAI KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 4 SURABAYA
Abstract
Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning merupakan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang didalamnya siswa diberikan suatu permasalahan, yang terdiri dari 5 fase. Selama mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS), siswa melakukan fase 1 (orientasi siswa pada masalah), fase 2 (mengorganisasi siswa untuk belajar), fase 3 (membimbing penyelidikan individual maupun kelompok), fase 4 (mengembangkan dan menyajikan hasil karya), dan fase 5 (menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah). Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk akhir berupa LKS berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran administrasi pajak materi pajak pertambahan nilai, mengetahui proses pengembangan, tingkat kelayakan, dan respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dan menggunakan model pengembangan menurut Thiagarajan 4-D. Namun penelitian hanya dibatasi sampai tahap pengembangan saja. Data dikumpulkan menggunakan angket terbuka dan angket tertutup. Hasil skor persentase diperoleh perhitungan skor menurut skala Likert dan Guttman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil validasi ahli materi mendapatkan skor sebesar 87,27%, validasi ahli bahasa 76,92%, validasi ahli grafis 87,64%, kesesuaian dengan Problem Based Learning 86%. Hasil keseluruhan didapatkan skor sebesar 85,02% dan respon siswa terhadap LKS berbasis Problem Based Learning sebesar 95,41% dengan kriteria sangat baik.
Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa (LKS), Problem Based Learning, Pajak Pertambahan Nilai
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 88