PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA” “MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK MATERI PAJAK PERTAMBAHAN  NILAI KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 4 SURABAYA

  • ANISAUL HASANAH

Abstract

Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning merupakan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang didalamnya siswa diberikan suatu permasalahan, yang terdiri dari 5 fase. Selama mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS), siswa melakukan fase 1 (orientasi siswa pada masalah), fase 2 (mengorganisasi siswa untuk belajar), fase 3 (membimbing penyelidikan individual maupun kelompok), fase 4 (mengembangkan dan menyajikan hasil karya), dan fase 5 (menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah). Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk akhir berupa LKS berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran administrasi pajak materi pajak pertambahan nilai, mengetahui proses pengembangan, tingkat kelayakan, dan respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dan menggunakan model pengembangan menurut Thiagarajan 4-D. Namun penelitian hanya dibatasi sampai tahap pengembangan saja. Data dikumpulkan menggunakan angket terbuka dan angket tertutup. Hasil skor persentase diperoleh perhitungan skor menurut skala Likert dan Guttman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil validasi ahli materi mendapatkan skor sebesar 87,27%, validasi ahli bahasa 76,92%, validasi ahli grafis 87,64%, kesesuaian dengan Problem Based Learning 86%. Hasil keseluruhan didapatkan skor sebesar 85,02% dan respon siswa terhadap LKS berbasis Problem Based Learning sebesar 95,41% dengan kriteria sangat baik.

Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa (LKS), Problem Based Learning, Pajak Pertambahan Nilai

Published
2017-07-25
How to Cite
HASANAH, A. (2017). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA” “MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK MATERI PAJAK PERTAMBAHAN  NILAI KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 4 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/20759
Section
Article
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 88