PENGEMBANGAN BOOKLET PENDEKATAN SAINTIFIK SEBAGAI BAHAN AJAR MATERI PIUTANG WESEL UNTUK SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO
Abstract
Materi piutang wesel dalam mata pelajaran Akuntansi Keuangan masih dianggap sulit oleh siswa. Umumnya siswa memerlukan waktu tambahan belajar yang dapat dilakukkan secara mandiri. Bahan ajar yang digunakan guru masih belum menarik dan kurang mudah dipahami siswa. Bahan ajar yang dikembangkan yaitu berupa Booklet pendekatan saintifik, dimana materi didesain menarik dan disajikan dengan aktivitas saintifik, serta dapat digunakan secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk bahan ajar berupa Booklet materi Piutang Wesel sebagai pendukung pembelajaran di sekolah, mengetahui kelayakannya, dan respons siswa terhadap produk bahan ajar yang telah dikembangkan. Booklet merupakan perpaduan antara Book dan leaflet untuk pengembangannya mengacu pada bahan ajar. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 4D menurut Thiagarajan, yang meliputi empat tahap pengembangan yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian berupa: 1) pengembangan Booklet pendekatan saintifik sebagai bahan ajar materi piutang wesel untuk siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo, 2) kelayakan Booklet terdiri atas kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kegrafikan, memperoleh hasil rata-rata keseluruhan sebesar 87,5, dengan kategori sangat layak, 3) respon siswa memperoleh hasil rata-rata keseluruhan sebesar 97,7%, dengan kategori sangat baik. Booklet pendekatan saintifik materi piutang wesel yang telah dikembangkan dinyatakan sangat layak dan dapat diterapkan sebagai bahan ajar di SMKN 2 Buduran Sidoarjo.
Kata Kunci: bahan ajar, Booklet, Piutang Wesel, model pengembangan 4D
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 227