PENGEMBANGAN GAME “BINGO ACCOUNTING” SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN JASA DI SMK NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

  • YURINE MEIKASARI

Abstract

Pengayaan merupakan kegiatan tambahan yang diberikan oleh guru mata pelajaran kepada peserta didik yang telah mencapai ketuntasan belajar untuk menambah pemahaman mereka terhadap materi yang telah dipelajari. Kegiatan pengayaan dapat dilaksanakan dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai media agar peserta didik termotivasi untuk mempelajari kembali suatu materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk game bingo accounting sebagai media pengayaan pada materi jurnal penyesuaian perusahaan jasa, untuk mengetahui kelayakan game bingo accounting berdasarkan para ahli, serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap produk yang dihasilkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar telaah dan validasi ahli materi, lembar telaah dan validasi ahli media, serta angket respon peserta didik. Produk yang telah dihasilkan diujicobakan kepada 20 peserta didik kelas X Keuangan di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa game bingo accounting sangat layak dan sangat baik untuk diterapkan sebagai media pengayaan dengan perolehan rata-rata validasi dari ahli materi sebesar 87% dengan kriteria sangat layak, hasil validasi dari ahli media sebesar 90% dengan kriteria sangat layak dan hasil dari angket peserta didik sebesar 93% dengan kriteria sangat baik.

 

Kata Kunci : Pengayaan, Game Bingo Accounting, Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa

Published
2017-07-28
How to Cite
MEIKASARI, Y. (2017). PENGEMBANGAN GAME “BINGO ACCOUNTING” SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN JASA DI SMK NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/21074
Section
Article
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 39