PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN DASAR DASAR PERBANKAN KELAS X KEUANGAN DI SMK NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO

  • NIKEN PUTRI LARASATI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa melalui penerapan antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran Dasar-Dasar Perbankan di kelas X Keuangan SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini adalah penelitian True Eksperimental dengan rancangan Randomized Pretest-Posttest Comparison Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Keuangan SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 144 siswa. Sampel penelitian ini diambil secara acak (simple random sampling) dengan terpilihnya kelas X KU 2 sebagai kelas eksperimen I dengan penerapan tipe NHT, dan kelas X KU 3 sebagai kelas eksperimen II dengan penerapan tipe TPS. Hasil penelitian rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen I sebesar 85 sedangkan untuk kelas eksperimen II sebesar 90,33. Hasil uji hipotesis menggunakan Uji Independent Sample T-test menunjukkan, taraf signifikansi sebesar 0,002 < 0,05. Hasil thitung > ttabel yaitu 3,209 > 1,994 pada taraf signifikansi 5% dan df=70 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran Dasar-Dasar Perbankan kompetensi dasar Lalu Lintas Pembayaran di kelas X Keuangan SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Think Pair Share (TPS) menunjukkan hasil belajar yang lebih unggul dibandingkan dengan Numbered Head Together (NHT). Hal ini dikarenakan pada penerapan pembelajaran Think Pair Share (TPS) siswa lebih memiliki tanggungjawab individu pada pola diskusi berpasangan karena aktivitas belajar yang dilakukan siswa lebih banyak. Siswa dituntut untuk berpikir secara mandiri terlebih dahulu pada kegiatan Thinking (berpikir). Selain itu siswa lebih memiliki waktu berpikir lebih lama pada kegiatan Pairing (berpasangan) sehingga dapat memberikan kesempatan lebih banyak pada tiap pasangan untuk mengeksplorasi dan mekontruksi pengetahuan yang baru dipelajari dan selanjutnya dilakukan kegiatan Sharing (berbagi) dengan seluruh siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Numbered Head Together (NHT), Think Pair Share (TPS)

Published
2017-07-28
How to Cite
PUTRI LARASATI, N. (2017). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN DASAR DASAR PERBANKAN KELAS X KEUANGAN DI SMK NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/21076
Section
Article
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 26