STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DAN TIPE SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG DI SMK NEGERI 10 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan tipe Snowball Throwing pada pembelajaran akuntansi perusahaan dagang kelas XI di SMK Negeri 10 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen yang menggunakan rancangan penelitian Randomized Pretest-Posttest Comparison Group. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata posttest kelas eksperimen pertama yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick sebesar 85 sedangkan rata-rata posttest kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing sebesar 81. Uji hipotesis yang dilakukan melalui program SPSS dengan uji Independent Samples Test menunjukkan bahwa taraf signifikansi t–test pada hasil posttest sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05 dan dapat diketahui thitung > ttabel (3,642 > 1,991) taraf signifikansi t-test pada hasil selisih antara pretest dan posttest sebesar 0,018 atau kurang dari 0,05 dan dapat diketahui thitung > ttabel (2,417 > 1,991). Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang dapat diartikan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan tipe Snowball Throwing pada pembelajaran akuntansi perusahaan dagang kelas XI di SMK Negeri 10 Surabaya. Nilai kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick lebih tinggi daripada nilai kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Hal tersebut dikarenakan pada model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick menggunakan pertanyaan dari guru sehingga pertanyaan tersebut lebih tearah dan sesuai dengan indikator yang harus dicapai siswa
Kata Kunci: “Hasil belajar, Talking Stick, Snowball Throwing
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 32