PENGEMBANGAN EDU-GAME SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 4 SURABAYA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan edu-game sebagai media pengayaan pada mata pelajaran akuntansi keuangan di SMK Negeri 4 Surabaya yang teruji layak digunakan dalam kegiatan pengayaan serta memperoleh respon positif dari peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation (ADDIE). Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar telaah dan validasi ahli materi, lembar telaah dan validasi ahli media dan angket respon peserta didik. Uji coba dilakukan kepada 20 orang peserta didik kelas XI Akuntansi SMK Negeri 4 Surabaya. Hasil validasi pengembangan edu-game sebagai media pengayaan oleh ahli materiĀ dan ahli media memperoleh rata-rata persentase sebesar 84% dan 90% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan hasil angket respon peserta didik memperoleh rata-rata persentase sebesar 96% dengan kriteria sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa edu-game sebagai media pengayaan pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 4 Surabaya sangat layak apabila dimanfaatkan dalam kegiatan pengayaan dan memperoleh respon sangat baik dari peserta didik.
Kata kunci: Media Pengayaan, Edu-Game, ADDIE, Akuntansi Keuangan
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 46