Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Dengan Dan Tanpa Berbantu Lembar Kegiatan Siswa

  • IKA PURBASARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis scientific approach dengan dan tanpa berbantu lembar kegiatan siswa (LKS) di SMK Negeri 10 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan rancangan penelitian Pretest-posttest control grup design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X akuntansi di SMK Negeri 10 Surabaya yang berjumlah 3 kelas. Sample penelitian yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling diambil secara acak setelah dilakukan pretest dengan X akuntansi 1 sebagai kelas control dan X akuntansi 2 sebagai kelas eksperimen. Hasil dari  penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis scientific approach yang berbantu LKS memiliki rata-rata sebesar 85,2 lebih tinggi dari hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis scientific approach yang tanpa berbantu LKS sebesar 80,9. Hasil uji hipotesis dengan uji t yang dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS dengan uji statistic Independent Sample Test menunjukkan taraf signifikansi t-tes sebesar 0,001 < 0,05 selain itu, dikehui bahwa thitung sebesar 3,596 atau thitung>ttabel (3,596>2,000) dan signifikansi <0,05  (0,001<0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan  model  pembelajaan Problem Based Lerningberbantu LKS dengan menggunakan pendekata berbasis scientific approach dan kelas menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning tanpa berbantu LKS dengan menggunakan pendekatan berbasis  saintific approach.

Kata Kunci: Scientific Approach, Lembar Kegiatan Siswa, Hasil Belajar

Published
2017-08-25
How to Cite
PURBASARI, I. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Dengan Dan Tanpa Berbantu Lembar Kegiatan Siswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/21436
Section
Article
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 26