Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Dengan Dan Tanpa Berbantu Lembar Kegiatan Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis scientific approach dengan dan tanpa berbantu lembar kegiatan siswa (LKS) di SMK Negeri 10 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan rancangan penelitian Pretest-posttest control grup design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X akuntansi di SMK Negeri 10 Surabaya yang berjumlah 3 kelas. Sample penelitian yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling diambil secara acak setelah dilakukan pretest dengan X akuntansi 1 sebagai kelas control dan X akuntansi 2 sebagai kelas eksperimen. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis scientific approach yang berbantu LKS memiliki rata-rata sebesar 85,2 lebih tinggi dari hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis scientific approach yang tanpa berbantu LKS sebesar 80,9. Hasil uji hipotesis dengan uji t yang dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS dengan uji statistic Independent Sample Test menunjukkan taraf signifikansi t-tes sebesar 0,001 < 0,05 selain itu, dikehui bahwa thitung sebesar 3,596 atau thitung>ttabel (3,596>2,000) dan signifikansi <0,05 (0,001<0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaan Problem Based Lerningberbantu LKS dengan menggunakan pendekata berbasis scientific approach dan kelas menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning tanpa berbantu LKS dengan menggunakan pendekatan berbasis saintific approach.
Kata Kunci: Scientific Approach, Lembar Kegiatan Siswa, Hasil Belajar
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 26