PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN PAPAN LABIRIN SEBAGAI ALAT PENGAYAAN PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN MATERI PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 10 SURABAYA
Abstract
Penggunaan media pembelajaran yang menarik bisa memotivasi siswa untuk lebih mempelajari dan mendalami materi dalam pembelajaran. Tetapi media yang digunakan disekolah masih kurang variatif, terutama pada kegiatan pengayaan. Melalui media berupa permainan papan labirin sebagai alat pengayaan dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media permainan papan labirin sebagai alat pengayaan pada mata pelajaran pengantar akuntansi dan keuangan materi persamaan dasar akuntansi, mengetahui kelayakn media, dan mengetahui respon siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 10 Surabaya terhadap media yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket tertutup (lembar telaah para ahli) dan angket terbuka (lembar validasi para ahli dan angket respon siswa). Uji coba dilakukan pada 20 siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 10 Surabaya yang sudah memperoleh nilai diatas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Hasil penelitian diperoleh dari validasi para ahli yaitu ahli materi sebesar 89,285% dengan dikategorikan “sangat layak” dan ahli media sebesar 78% dengan dikategorikan “layak” serta angket respon siswa memperoleh nilai sebesar 88,75% dengan dikategorikan “sangat baik”. Berdasarkan validasi para ahli dan angket respon siswa diperoleh hasil dengan rata-rata sebesar 86,175% dengan dikategorikan sangat layak atau sangat baik.
Kata Kunci: Pengembangan, Permainan papan labirin, Alat pengayaan, ADDIE, Persamaan dasar akuntansi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 162