PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENNGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA XI AKUNTANSI DI SMKN 10 SURABAYA

  • DINDA INDRIA ANJAR RETNO SARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru , aktivitas siswa , peningkatan hasil belajar siswa dan respon siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay . Jenis Penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) . proses peneltian dilakasanakan 3 siklus . setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan , pelakasanaan , observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi , tes, dokumentasi dan respon siswa . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 3 SMKN 10 Surabaya. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay mengalami peningkatan pada siklus I diperoleh rata-rata skor Aktivitas Belajar sebesar 3,16 ,pada siklus II sebesar 3,5 ,dan pada siklus III  meningkat menjadi 3,8 . Sedangkan aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata pada siklus I 2,5, pada siklus II 3,5 dan pada siklus III meningkat menjadi 3,8. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan tiap siklusnya. Pada siklus pertama memperoleh nilai rata-rata sebesar 62,53 . Pada siklus ke dua memperoleh nilai rata-rata sebesar 73,89. Pada siklus ketiga mencapai nilai rata-rata 80,82 dan ketuntasan belajar mencapai 87,17 %. Sedangkan angket respon siswa dari hasil angket yang dibagikan  mendapatkan 86,41 % yang berarti siswa sangat setuju terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe course Review Horay.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Course Review  Horay, Hasil Belajar

Published
2017-10-16
How to Cite
INDRIA ANJAR RETNO SARI, D. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENNGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA XI AKUNTANSI DI SMKN 10 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/22006
Section
Article
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 43