PENGEMBANGAN KARTU PERMAINAN TIC TAC TOE BERORIENTASI ACTIVE LEARNING SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN PADA MATERI REKONSILIASI BANK KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 10 SURABAYA

  • SULISTIANI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan respon siswa terhadap media kartu permainan tic tac toe sebagai bahan pengayaan pada materi rekonsiliasi bank yang telah dikembangkan. Model desain pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari tahap menganalisis, tahap merancang, tahap pengembangan, tahap mengimplementasikan dan tahap mengevaluasi. Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, dan siswa. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa kelayakan kartu permainan tic tac toe berdasarkan hasil validasi dari ahli materi mendapatkan persentase sebesar 78.57% dan dari ahli media mendapatkan persentase sebesar 84.28%, sedangkan respon siswa diperoleh persentase sebesar 88,27%. Dari keseluruhan hasil diperoleh persentase sebesar 83.71% dengan kriteria “sangat layak”. Dengan demikian, kartu permainan tic tac toe sebagai media pengayaan pada materi rekonsiliasi bank dinyatakan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran pada kegiatan pengayaan di Sekolah Menengah Kejuruan.

Kata Kunci : Permainan Tic Tac Toe, Media Pengayaan, Rekonsiliasi Bank

Published
2017-10-19
How to Cite
SULISTIANI,. (2017). PENGEMBANGAN KARTU PERMAINAN TIC TAC TOE BERORIENTASI ACTIVE LEARNING SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN PADA MATERI REKONSILIASI BANK KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 10 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/22013
Section
Article
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 47