PENGEMBANGAN KARTU PERMAINAN TIC TAC TOE BERORIENTASI ACTIVE LEARNING SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN PADA MATERI REKONSILIASI BANK KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 10 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan respon siswa terhadap media kartu permainan tic tac toe sebagai bahan pengayaan pada materi rekonsiliasi bank yang telah dikembangkan. Model desain pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari tahap menganalisis, tahap merancang, tahap pengembangan, tahap mengimplementasikan dan tahap mengevaluasi. Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, dan siswa. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa kelayakan kartu permainan tic tac toe berdasarkan hasil validasi dari ahli materi mendapatkan persentase sebesar 78.57% dan dari ahli media mendapatkan persentase sebesar 84.28%, sedangkan respon siswa diperoleh persentase sebesar 88,27%. Dari keseluruhan hasil diperoleh persentase sebesar 83.71% dengan kriteria “sangat layak”. Dengan demikian, kartu permainan tic tac toe sebagai media pengayaan pada materi rekonsiliasi bank dinyatakan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran pada kegiatan pengayaan di Sekolah Menengah Kejuruan.
Kata Kunci : Permainan Tic Tac Toe, Media Pengayaan, Rekonsiliasi Bank
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 47