PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI AKUNTANSI BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN PADA MATERI ASET TETAP PADA SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 10 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menghasilkan produk permainan monopoli berbasis android sebagai media pengayaan pada materi aset tetap kelas xii akuntansi di SMK Negeri 10 Surabaya. (2) Mendeskripsikan kelayakan permainan monopoli berbasis android sebagai media pengayaan pada materi aset tetap kelas xii akuntansi di SMK Negeri 10 Surabaya. (3) Mengetahui dan mendeskripsikan respon siswa terhadap pengembangan permainan monopoli berbasis android sebagai media pengayaan pada materi aset tetap kelas xii akuntansi di SMK Negeri 10 Surabaya. Penelitian ini meupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model ADDIE, namun dalam penelitian ini berhenti pada tahap implementation. Instrument penelitian yang digunakan untuk menilai kelayakan media pengayaan ini yaitu menggunakan Angket tertutup (lembar telaah para ahli) dan angket terbuka (validasi para ahli dan angket respon siswa). Uji coba dilakukan pada 20 siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 10 Surabayayang sudah memperoleh nilai diatas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Hasil penelitian diperoleh dari validasi para ahli yaitu ahli materi sebesar 86,5% yang dikategorikan “sangat layak” dan ahli media sebesar 88% yang dikategorikan “sangat layak” serta angket respon siswa memperoleh nilai sebesar 95,4% yang juga dikategorikan “sangat baik”. Berdasarkan validasi para ahli dan angket respon siswa diperoleh hasil dengan rata-rata sebesar 89,9% dengan dikategorikan sangat layak atau sangat baik.
Kata kunci: Pengembangan, Permainan Monopoli akuntansi, media berbasis android, media pengayaan, Aset tetap
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 194