PENGEMBANGAN MEDIA PENGAYAAN BERBASIS BOARD GAME BERUPA TICKET TO RIDE ACCOUNTING PADA MATERI POKOK BAHASAN AKUNTANSI PIUTANG PADA SMK NEGERI SURABAYA

Authors

  • RISTA AYU PERDANA
  • SUSANTI

Abstract

Penelitian pengembangan ini menghasilkan media pengayaan permainan Ticket to Ride Accounting. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D (Define, Design, Develop and Disseminate) dari Thiagarajan. Proses pengembangan dilakukan sesuai dengan tahapan model pengembangan 4D yaitu melalui tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, untuk tahap penyebaran tidak dilakukan. Setelah proses pengembangan sesuai dengan tahap yang ada dilakukan kegiatan penilaian terhadap media Ticket to Ride Accounting. Untuk menilai kelayakan media yang dikembangkan dilakukan kegiatan telaah dan validasi oleh para ahli, serta dilakukannya kegiatan uji coba secara terbatas kepada 20 peserta didik. Hasil validasi pengembangan media pengayaan Ticket to Ride Accounting dari ahli materi dan ahli media dengan rata-rata prosentase sebesar 84,3% dan 90% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan, hasil uji coba kepada peserta didik memperoleh rata-rata presentase sebesar 95,5% dengan kriteria sangat paham. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pengayaan Ticket to Ride Accounting pada materi pokok bahasan akuntansi piutang sangat layak digunakan sebagai media pengayaan di sekolah.

Kata Kunci: pengembangan, media pengayaan, ticket to ride accounting, akuntansi piutang

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-10-22

How to Cite

AYU PERDANA, R., & SUSANTI. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PENGAYAAN BERBASIS BOARD GAME BERUPA TICKET TO RIDE ACCOUNTING PADA MATERI POKOK BAHASAN AKUNTANSI PIUTANG PADA SMK NEGERI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/25827

Issue

Section

Article
Abstract views: 33 , PDF Downloads: 74