PENGARUH EFIKASI DIRI, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LITERASI KEUANGAN, DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP PERILAKU BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 10 SURABAYA
Abstract
Perilaku berwirausaha merupakan salah satu kunci kesuksesan usaha yang dijalankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh efikasi diri, pendidikan kewirausahaan, literasi keuangan, dan literasi digital terhadap perilaku berwirausaha siswa SMK Negeri 10 Surabaya. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 10 Surabaya yang sudah pernah dan/atau sedang menjalankan usaha. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 22.0. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan hasil yaitu: (1) efikasi diri, pendidikan kewirausahaan, literasi keuangan, dan literasi digital secara signifikan berpengaruh terhadap perilaku berwirausaha, (2) efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap perilaku berwirausaha, (3) pendidikan kewirausahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku berwirausaha, (4) literasi keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku berwirausaha, (5) literasi digital berpengaruh signifikan terhadap perilaku berwirausaha.
Kata Kunci: efikasi diri, pendidikan kewirausahaan, literasi keuangan, literasi digital, perilaku berwirausaha.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 1484