PENGARUH EFIKASI DIRI, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LITERASI KEUANGAN, DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP PERILAKU BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 10 SURABAYA

  • SUKMA PRABAWATI

Abstract

Perilaku berwirausaha merupakan salah satu kunci kesuksesan usaha yang dijalankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh efikasi diri, pendidikan kewirausahaan, literasi keuangan, dan literasi digital terhadap perilaku berwirausaha siswa SMK Negeri 10 Surabaya. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 10 Surabaya yang sudah pernah dan/atau sedang menjalankan usaha. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 22.0. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan hasil yaitu: (1) efikasi diri, pendidikan kewirausahaan, literasi keuangan, dan literasi digital secara signifikan berpengaruh terhadap perilaku berwirausaha, (2) efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap perilaku berwirausaha, (3) pendidikan kewirausahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku berwirausaha, (4) literasi keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku berwirausaha, (5) literasi digital berpengaruh signifikan terhadap perilaku berwirausaha.

Kata Kunci: efikasi diri, pendidikan kewirausahaan, literasi keuangan, literasi digital, perilaku berwirausaha.

Published
2019-07-09
How to Cite
PRABAWATI, S. (2019). PENGARUH EFIKASI DIRI, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LITERASI KEUANGAN, DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP PERILAKU BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 10 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/28988
Section
Article
Abstract Views: 1119
PDF Downloads: 1484