PENGEMBANGAN VIDEO PENGAMATAN (VIDEO TUTORIAL) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDUKUNG PADA MATERI PERSEDIAAN KELAS XI SMK NEGERI 2 BUDURAN

Authors

  • DEVI WAHYUNI KHOIRIYA
  • ROCHMAWATI

Abstract

Abstrak

Pengaruh terbesar dalam mewujudkan negara yang maju yaitu dengan cara memperbaiki kualitas pendidikan. Menciptakan pendidikan berkualitas di zaman perkembangan teknologi dibutuhkan media pembelajaran yang dapat mendukung kegiatan belajar. Penggunaan media pembelajaran masih belum optimal yang menyebabkan ketidakefektifan penyampaian materi pembelajaran. Maka dalam penelitian ini akan dikembangkan media yang mendukung pembelajaran. Video pengamatan (video tutorial) merupakan media pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini sebagai media pembelajaran pendukung kegiatan belajar khususnya pada materi persediaan. Peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian dilakukan oleh 15 siswa kelas XI kompetensi keahlian akuntansi SMK Negeri 2 Buduran. Hasil analisis dilakukan secara deskriptif dengan teknik persentase. Penelitian yang dilakukan menghasilkan persentase dari hasil validasi ahli materi sebesar 85,27% dengan kriteria sangat layak , ahli media sebesar 88,24% dengan kriteria sangat layak dan respon siswa dari uji coba terbatas mendapat persentase sebesar 92,41% dengan kriteria sangat baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa video pengamatan (video tutorial) sebagai media pembelajaran pendukung dinyatakan layak digunakan di kurikulum 2013 serta mendapat respon sangat baik dari siswa.

Kata kunci : Media Pembelajaran Pendukung, Video Pengamatan, Video Tutorial, Persediaan

 

Abtract

The most influencing factor in the development of a country is to fix the quality of the education system. To create the good quality education system in digital era requires media learning which could support the learning activity. The used of media learning which is not optimum yet, making the delivery of learning material is not effective in the results. This research then aimed to develop the supporting media learning. The media which developed is observation video (video tutorial) which used as the supporting media learning, especially as the inventory material. This research used research development method by ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The validity test held with 15 students in the XI Accounting class in SMK N 2 Buduran. The analysis result done by descriptive method with percentage technique. The result of the research showed the quality of contents and aims were 97, 22% with the very proper criteria, instructional quality were 87, 62% with the very proper criteria, and the technique quality were 85, 84% with the very proper criteria. The average percentages from the former three variables were 86, 89% with the very proper criteria. The average of the response of the students were 92, 41% with the very proper criteria. So, it can be concluded that observation video (video tutorial)l as the supporting media in learning activities is proper to use in 2013 curriculum and getting very good response from the students.

Keywords: Supporting Media Learning, Observation Video, Video Tutorial, Inventory.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-08-13

How to Cite

WAHYUNI KHOIRIYA, D., & ROCHMAWATI. (2019). PENGEMBANGAN VIDEO PENGAMATAN (VIDEO TUTORIAL) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDUKUNG PADA MATERI PERSEDIAAN KELAS XI SMK NEGERI 2 BUDURAN. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/30219

Issue

Section

Article
Abstract views: 28 , PDF Downloads: 70