ANALISIS PENGGUNAAN ALAT EVALUASI PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF AKUNTANSI KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO

  • Siti Nur Ainunnajah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis, alasan pemilihan, kelayakan dan respon siswa terhadap alat evaluasi yang digunakan guru pada mata pelajaran produktif akuntansi di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian  deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang  melibatkan 34 siswa dan seorang guru mata pelajaran produktif akuntansi di kelas X Ak 1 sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan  angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Alat evaluasi yang digunakan adalah soal uraian dan soal praktek. Alasan pemilihan didasarkan pada kompetensi dan indikator yang hendak dinilai. (2) Berdasarkan hasil telaah soal uraian maupun praktek yang digunakan guru pada mata pelajaran produktif akuntansi di kelas X Akuntansi 1 dinyatakan layak. Berdasarkan hasil analisis butir soal secara kuantitatif, secara keseluruhan memiliki kualitas yang baik dari segi reliabilitas dan validitas namun kurang baik dari segi daya pembeda dan tingkat kesukaran. (3) Alat evaluasi yang digunakan guru memperoleh respon baik dengan persentase sebesar 62,50%.  Kata kunci: kelayakan, alat evaluasi. Abstract

How to Cite
Ainunnajah, S. N. (1). ANALISIS PENGGUNAAN ALAT EVALUASI PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF AKUNTANSI KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 1(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/32715
Section
Article
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 324