PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL PENGHITUNGAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 BERBASIS KURIKULUM 2013 UNTUK KELAS XII DI SMK NEGERI 1 JOMBANG
Abstract
Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan modul yang dapat memudahkan siswa dalam menghitung pajak penghasilan pasal 21, mengetahui kelayakan modul berbasis kurikulum 2013 berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan guru akuntansi dan mengetahui pendapat siswa mengenai modul berbasis kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Reseacrh and Development), yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalam model pengembangan meurut Thiagarajan, yaitu 4D (Four D) terdiri atas 4 tahap yaitu: 1).Pendefinisan (Define); 2).Perancangan (Design); 3).Pengembangan (Develope); 4).Penyebaran (Dessiminate). Namun pada penelitian ini tidak dilakukan tahap penyebaran karena studi kasus yang dilakukan hanya pada satu sekolah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar telaah para ahli, lembar validasi para ahli, dan angket respon siswa. analisis keseluruhan hasil uji validasi oleh para ahli diperoleh kriteria “sangat layak” dengan nilai rata-rata persentase sebesar 83,15%. Berdasarkan hasil uji coba siswa diperoleh kriteria “sangat baik” dengan nilai prosentase 89,1 %.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Modul, Thiagaratjan
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 49