PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL PENGHITUNGAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 BERBASIS KURIKULUM 2013 UNTUK KELAS XII DI SMK NEGERI 1 JOMBANG

  • Widiya Arifani

Abstract

Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan modul yang dapat memudahkan siswa dalam menghitung pajak penghasilan pasal 21, mengetahui kelayakan modul berbasis kurikulum 2013 berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan guru akuntansi dan mengetahui pendapat siswa mengenai modul berbasis kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Reseacrh and Development), yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalam model pengembangan meurut Thiagarajan, yaitu 4D (Four D) terdiri atas 4 tahap yaitu: 1).Pendefinisan (Define); 2).Perancangan (Design); 3).Pengembangan (Develope); 4).Penyebaran (Dessiminate). Namun pada penelitian ini tidak dilakukan tahap penyebaran karena studi kasus yang dilakukan hanya pada satu sekolah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar telaah para ahli, lembar validasi para ahli, dan angket respon siswa. analisis keseluruhan hasil uji validasi oleh para ahli diperoleh kriteria “sangat layak” dengan nilai rata-rata persentase sebesar 83,15%. Berdasarkan hasil uji coba siswa diperoleh kriteria “sangat baik” dengan nilai prosentase 89,1 %.

Kata Kunci: Bahan Ajar, Modul, Thiagaratjan

How to Cite
Arifani, W. (1). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL PENGHITUNGAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 BERBASIS KURIKULUM 2013 UNTUK KELAS XII DI SMK NEGERI 1 JOMBANG. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/32735
Section
Article
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 49