PENGARUH GAYA BELAJAR, PROKRASTINASI DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Abstract
Menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) kita dihadapkan pada persaingan tenaga kerja. Demi menghadapi persaingan di dunia kerja mahasiswa yang notabene sebagai generasi penerus bangsa diharapkan dapat berprestasi dalam kegiatan belajar mereka. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar antara lain yakni gaya belajar, prokrastinasi dan fasilitas belajar. Oleh sebab itu memaksimalkan pemakaian fasilitas belajar sebagai penunjang pembelajaran supaya mahasiswa memiliki ragam gaya belajar yang sesuai dengan keadaan belajar mengajar sehingga tidak menimbulkan rasa prokrastinasi atau kemalasan dalam proses belajar adalah kunci untuk mencapai prestasi belajar yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar, prokrastinasi, dan fasilitas belajar baik secara simultan maupun secara parsial terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkatan 2014 yang telah menempuh mata kuliah perpajakan yang berjumlah 81 responden. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala Likert untuk variabel gaya belajar, prokrastinasi, dan fasilitas belajar, sedangkan variabel prestasi belajar menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gaya belajar, prokrastinasi, dan fasilitas belajar secara simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan besarnya nilai Adjusted R Square 0,473 atau dapat diartikan bahwa 47,3% prestasi belajar dipengaruhi oleh gaya belajar, prokrastinasi, dan fasilitas belajar dan sisanya 52,7% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. (2) Gaya belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar terbukti dari hasil analisis regresi linier didapatkan thitung>ttabel sebesar 4,152>1,6638 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari batas signifikan sebesar 0,05. (3) Prokrastinasi berpengaruh terhadap prestasi belajar terbukti dari hasil analisis regresi linier didapatkan thitung>ttabel sebesar 2,421 > 1,6638 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. (4) Fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar terbukti dari hasil analisis regresi linier didapatkan thitung> ttabel sebesar 2,008 > 1,6638 dengan nilai signifikansi sebesar 0,018 yang lebih kecil dari 0,05.
Kata Kunci : Gaya Belajar, Prokrastinasi, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 159