PENGARUH PEMAHAMAN PERPAJAKAN, INTENSITAS PEMBERIAN TUGAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PERPAJAKAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Abstract
Hasil belajar menjadi ukuran seorang mahasiswa berhasil atau tidak dalam proses belajar mengajar. Hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor eksternal maupun internal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemahaman Perpajakan, intensitas pemberian tugas dan motivasi belajar secara simultan dan parsial terhadap hasil belajar Akuntansi Perpajakan pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling. Mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2013 diambil sebagai responden penelitian dengan jumlah 71 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian dari uji F menunjukkan Fhitung sebesar 26,348 dan didukung signifikansi 0,000 yang menunjukkan bahwa pemahaman Perpajakan, intensitas pemberian tugas dan motivasi belajar berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar Akuntansi Perpajakan. Hasil uji t menunjukkan (1) Pemahaman Perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Akuntansi Perpajakan sebesar 2,802; (2) Intensitas pemberian tugas berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Akuntansi Perpajakan sebesar 4,189 dan (3) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Akuntansi Perpajakan sebesar 2,749. Nilai Adjusted R Square sebesar 0.521 berarti bahwa 52,11% hasil belajar Akuntansi Perpajakan mahasiswa dipengaruhi oleh pemahaman Perpajakan, intensitas pemberian tugas dan motivasi belajar.
Kata Kunci: Pemahaman, Intensitas, Motivasi, Hasil Belajar
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 435