PENGARUH PEMAHAMAN PERPAJAKAN, INTENSITAS PEMBERIAN TUGAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PERPAJAKAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • Lilik Ervina

Abstract

Hasil belajar menjadi ukuran seorang mahasiswa berhasil atau tidak dalam proses belajar mengajar. Hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor eksternal maupun internal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemahaman Perpajakan, intensitas pemberian tugas dan motivasi belajar secara simultan dan parsial terhadap hasil belajar Akuntansi Perpajakan pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling. Mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2013 diambil sebagai responden penelitian dengan jumlah 71 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian dari uji F menunjukkan Fhitung sebesar 26,348 dan didukung signifikansi 0,000 yang menunjukkan bahwa pemahaman Perpajakan, intensitas pemberian tugas dan motivasi belajar berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar Akuntansi Perpajakan. Hasil uji t menunjukkan (1) Pemahaman Perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Akuntansi Perpajakan sebesar 2,802; (2) Intensitas pemberian tugas berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Akuntansi Perpajakan sebesar 4,189 dan (3) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Akuntansi Perpajakan sebesar 2,749. Nilai Adjusted R Square sebesar 0.521 berarti bahwa 52,11% hasil belajar Akuntansi Perpajakan mahasiswa dipengaruhi oleh pemahaman Perpajakan, intensitas pemberian tugas dan motivasi belajar.

Kata Kunci: Pemahaman, Intensitas, Motivasi, Hasil Belajar

How to Cite
Ervina, L. (1). PENGARUH PEMAHAMAN PERPAJAKAN, INTENSITAS PEMBERIAN TUGAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PERPAJAKAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/32738
Section
Article
Abstract Views: 497
PDF Downloads: 435