STUDI KOMPARASI LITERASI KEUANGAN BERDASARKAN FAKTOR DEMOGRAFI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA ANGKATAN 2013
Abstract
Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) merupakan salah satu faktor pendorong diperlukannya literasi keuangan bagi mahasiswa. Tinggi rendahnya tingkat literasi keuangan mahasiswa dipengaruhi oleh berbagai faktor ekternal dan internal, salah satunya faktor demografi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis perbedaan literasi keuangan mahasiswa berdasarkan jenis kelamin, tempat tinggal, kepemilikan rekening tabungan dan pengalaman bekerja. Penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dengan pengumpulan data berupa angket dan tes. Populasi dan sampel berjumlah masing-masing 609 dan 143 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis data yang menggunakan independent samples t test menunjukkan : (1) perbedaan literasi keuangan antara mahasiswa laki-laki dan perempuan, (2) perbedaan literasi keuangan antara mahasiswa yang tinggal sendiri dan bersama keluarga, (3) perbedaan literasi keuangan antara mahasiswa yang mempunyai rekening tabungan dan tidak, serta (4) perbedaan literasi keuangan antara mahasiswa yang mempunyai rekening tabungan dan tidak.
Kata Kunci: literasi keuangan, jenis kelamin, tempat tinggal, kepemilikan rekening tabungan, pengalaman bekerja
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 126