PENGARUH KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS, HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI
Abstract
Tingkat pemahaman akuntansi dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu minat belajar dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kecerdasan logis-matematis, hasil belajar Pengantar Akuntansi dan minat belajar berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dari uji t kecerdasan logis-matematis sebesar 4,761 dengan signifikansi 0,000, hasil belajar Pengantar Akuntansi sebesar 4,402 dengan signifikansi 0,000, dan minat belajar sebesar 3,588 dengan signifikani 0,000, hasil uji F sebesar 33,929 dengan signifikansi 0,000. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,546 berarti bahwa 54,6% tingkat pemahaman akuntansi dipengaruhi oleh kecerdasan logis-matematis, hasil belajar Pengantar Akuntansi dan minat belajar. Sedangkan 45,4% disebabkan oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kecerdasan logis-matematis, hasil belajar Pengantar Akuntansi dan minat belajar berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.
Kata Kunci: kecerdasan logis-matematis, hasil belajar, minat, tingkat pemahaman akuntansi.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 171