PENGARUH KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS, HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI

  • Mayang Wulansari

Abstract

Tingkat pemahaman akuntansi dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu minat belajar dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kecerdasan logis-matematis, hasil belajar Pengantar Akuntansi dan minat belajar berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dari uji t kecerdasan logis-matematis sebesar 4,761 dengan signifikansi 0,000,  hasil belajar Pengantar Akuntansi sebesar 4,402 dengan signifikansi 0,000, dan minat belajar sebesar 3,588 dengan signifikani 0,000, hasil uji F sebesar 33,929 dengan signifikansi 0,000. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,546 berarti bahwa 54,6% tingkat pemahaman akuntansi dipengaruhi oleh kecerdasan logis-matematis, hasil belajar Pengantar Akuntansi dan minat belajar. Sedangkan 45,4% disebabkan oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kecerdasan logis-matematis, hasil belajar Pengantar Akuntansi dan minat belajar berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.

Kata Kunci: kecerdasan logis-matematis, hasil belajar, minat, tingkat pemahaman akuntansi.

How to Cite
Wulansari, M. (1). PENGARUH KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS, HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/32746
Section
Article
Abstract Views: 160
PDF Downloads: 171