PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KUARTET DAN TANPA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KUARTET

  • YUNITA KHOTIMAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang menggunakan media kartu kuartet dan tanpa menggunakan media kartu kuartet (powerpoint) pada kelas XI di SMK Negeri 1 Jombang. Metode dalam penelitian ini menggunakan Eksperimen Murni (True Experimental) dengan desain Pretest Posstest Control Group Design. Sampel penelitiannya adalah kelas XI AK 1 sebagai  kelas kontrol dan kelas XI AK 2 sebagai kelas eksperimen. Masing-masing kelas terdiri dari 36 siswa. Analisis data menggunakan Uji-t pada skor post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,006>0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang menggunakan media kartu kuartet dan tanpa media kartu kuartet (Powerpoint) pada mata diklat akuntansi kelas XI SMK Negeri 1 Jombang.

 

Kata Kunci : Hasil belajar, pembelajaran, media kartu kuartet

Published
2014-08-20
How to Cite
KHOTIMAH, Y. (2014). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KUARTET DAN TANPA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KUARTET. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9067
Section
Article
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 124