PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KUARTET DAN TANPA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KUARTET
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang menggunakan media kartu kuartet dan tanpa menggunakan media kartu kuartet (powerpoint) pada kelas XI di SMK Negeri 1 Jombang. Metode dalam penelitian ini menggunakan Eksperimen Murni (True Experimental) dengan desain Pretest Posstest Control Group Design. Sampel penelitiannya adalah kelas XI AK 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI AK 2 sebagai kelas eksperimen. Masing-masing kelas terdiri dari 36 siswa. Analisis data menggunakan Uji-t pada skor post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,006>0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang menggunakan media kartu kuartet dan tanpa media kartu kuartet (Powerpoint) pada mata diklat akuntansi kelas XI SMK Negeri 1 Jombang.
Kata Kunci : Hasil belajar, pembelajaran, media kartu kuartet
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 124