PENGARUH HASIL BELAJAR MATEMATIKA, EKONOMI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI
Abstract
Tingkat pemahaman akuntansi siswa tidak hanya dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal saja, tetapi dipengaruhi oleh hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar matematika, ekonomi dan minat belajar secara simultan dan parsial terhadap tingkat pemahaman akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 13 Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dari uji F menunjukkan F hitung sebesar 15.745 dan didukung dengan signifikansi 0,000 yang menunjukkan bahwahasil belajar matematika (X1), hasil belajar ekonomi (X2) dan minat belajar (X3) berpengaruh secara simultan terhadap tingkat pemahaman akuntansi siswa kelas XI ips SMA Negeri 13 Surabaya. Hasil uji t menunjukkan secara parsial bahwa variabel hasil belajar matematika (X1), hasil belajar ekonomi (X2) dan minat belajar (X3) berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi siswa kelas XI ips SMA Negeri 13 Surabaya. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,337 berarti bahwa 33,7% tingkat pemahaman akuntansi dipengaruhi oleh hasil belajar matematika, ekonomi dan minat belajar. Sedangkan sisanya 66,3% dijelaskan oleh sebab-sebab lain di luar variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Kata kunci: Hasil Belajar, Minat, Tingkat Pemahaman
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 279