PENGARUH HASIL BELAJAR MATEMATIKA, EKONOMI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI

  • ALINDA PUTRI PALGUNADI

Abstract

Tingkat pemahaman akuntansi siswa tidak hanya dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal saja, tetapi dipengaruhi oleh hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar matematika, ekonomi dan minat belajar secara simultan dan parsial terhadap tingkat pemahaman akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 13 Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dari uji F menunjukkan F hitung sebesar 15.745 dan didukung dengan signifikansi 0,000 yang menunjukkan bahwahasil belajar matematika (X1), hasil belajar ekonomi (X2) dan minat belajar (X3) berpengaruh secara simultan terhadap tingkat pemahaman akuntansi siswa kelas XI ips SMA Negeri 13 Surabaya. Hasil uji t menunjukkan secara parsial bahwa variabel hasil belajar matematika (X1), hasil belajar ekonomi (X2) dan minat belajar (X3) berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi siswa kelas XI ips SMA Negeri 13 Surabaya. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,337 berarti bahwa 33,7% tingkat pemahaman akuntansi dipengaruhi oleh hasil belajar matematika, ekonomi dan minat belajar. Sedangkan sisanya 66,3% dijelaskan oleh sebab-sebab lain di luar variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Minat, Tingkat Pemahaman

Published
2014-08-21
How to Cite
PUTRI PALGUNADI, A. (2014). PENGARUH HASIL BELAJAR MATEMATIKA, EKONOMI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9136
Section
Article
Abstract Views: 152
PDF Downloads: 279