PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN, INDIVIDU DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SAMMSUNG SERI GALAXY PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • SHELA GUSTI ARI HARLIYANTO

Abstract

Semakin meningkatanya ilmu pengetahuan dan teknologi membuat perkembangan telekomunikasi semakin canggih. Pilihan alat telekomunikasi handphone kini semakin banyak menawarkan berbagai merek handphone dengan inovasi terbaru. Handphone tidak lagi sebagai sarana komunikasi jarak jauh saja, tetapi dituntut untuk dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya. Salah satunya yaitu handphone dengan merek Samsung seri Galaxy.

Model penelitian yang gunakan dalam penelitian ini berbasis analisis regresi linier berganda, dengan variabel independen lebih dari satu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruhnya secara parsial dan simultan antara variabel independen, yaitu faktor lingkungan (X1), individu (X2) dan psikologis (X3) dengan variabel dependen, yaitu keputusan pembelian (Y).

Tujuan penelitin ini adalah untuk (1) mengetahui seberapa besar pengaruh faktor lingkungan, individu dan psikologis secara simultan terhadap keputusan pembelian handphone Samsung seri galaxy pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNESA, (2) mengetahui seberapa besar pengaruh faktor lingkungan terhadap keputusan pembelian handphone Samsung seri galaxy pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNESA, (3) mengetahui seberapa besar pengaruh faktor individu terhadap keputusan pembelian handphone Samsung seri galaxy pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNESA, dan (4) mengetahui seberapa besar pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian handphone Samsung seri galaxy pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNESA

Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi literatur dan angket. Studi literatur dilakukan dengan membaca beberapa buku referensi, jurnal, artikel, maupun internet terkait dengan penelitian. Untuk teknik pengumpulan data, penulis menggunakan angket  yang terdapat daftar pernyataan dengan pilihan jawaban menggunakan skala Likert dari 1 sampai dengan 4.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa lingkungan, individu dan psikologis secara bersama-sama  mempengaruhi keputusan pembelian dengan Fhitung 16,710 > Ftabel 2,715 dan nilai signifikansi 0,000 > 0,050. Hasil pegnujian hipotesis kedua diketahui lingkungan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dengan thitung 3,469 > ttabel 1,989 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,050. Hasil pengujian hipotesis ketiga diketahui individu berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dengan thitung 3,065 > ttabel 1,989 dan nilai signifikansi 0,002 < 0,050. Hasil pengujian hipotesis keempat diketahui faktor psikologis berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dengan thitung 3,069 > ttabel 1,989 dan nilai signifikansi 0,003 < 0,050. Dengan demikian faktor lingkungan, individu dan psikologis secara simultan dan parsial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian handphone Samsung seri galaxy pada Mahasiswa Juruasan Pendidikan Ekonomi fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.

Kata kunci   :  lingkungan, individu, psikologis, dan keputusan pembelian.

Published
2015-06-11
How to Cite
GUSTI ARI HARLIYANTO, S. (2015). PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN, INDIVIDU DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SAMMSUNG SERI GALAXY PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 117