PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SCIENTIFIC APPROACH PADA MATA PELAJARAN MENATA PRODUK SUB KOMPETENSI DASAR PERALATAN DAN PERLENGKAPAN DISPLAY PRODUK KONSUMTIF DI KELAS XI PM SMKN MOJOAGUNG

  • ILLIYINA DHIAH

Abstract

Menata Produk merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa SMK Pemasaran. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru pengajar menata produk adalah media power point, sehingga perlu dikembangkan dengan media pembelajaran multimedia interaktif sesuai dengan perkembangan teknologi. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran multimedia interaktif pada sub kompetensi dasar peralatan dan perlengkapan display produk konsumtif, serta mengetahui kelayakannya dan respon siswa terhadap media yang dikembangkan. Model yang digunakan adalah Four-D Thiagarajan. Pengembangan ini hanya sampai tahap pengembangan, tahap ke empat atau tahap penyebaran tidak dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan skor persentase 93,75 % dari validasi ahli media, 91,1 % dari validasi ahli materi, 97,5 % dari hasil uji coba terbatas. Rata-rata dari persentase keseluruhan adalah 94,1 %, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran menata produk sub kompetensi dasar peralatan dan perlengkapan display produk konsumtif di kelas XI Pemasaran.

Kata kunci: media pembelajaran, multimedia interaktif, scientific approach, menata produk

Published
2015-06-11
How to Cite
DHIAH, I. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SCIENTIFIC APPROACH PADA MATA PELAJARAN MENATA PRODUK SUB KOMPETENSI DASAR PERALATAN DAN PERLENGKAPAN DISPLAY PRODUK KONSUMTIF DI KELAS XI PM SMKN MOJOAGUNG. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 65