PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SCIENTIFIC APPROACH PADA MATA PELAJARAN MENATA PRODUK SUB KOMPETENSI DASAR PERALATAN DAN PERLENGKAPAN DISPLAY PRODUK KONSUMTIF DI KELAS XI PM SMKN MOJOAGUNG
Abstract
Menata Produk merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa SMK Pemasaran. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru pengajar menata produk adalah media power point, sehingga perlu dikembangkan dengan media pembelajaran multimedia interaktif sesuai dengan perkembangan teknologi. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran multimedia interaktif pada sub kompetensi dasar peralatan dan perlengkapan display produk konsumtif, serta mengetahui kelayakannya dan respon siswa terhadap media yang dikembangkan. Model yang digunakan adalah Four-D Thiagarajan. Pengembangan ini hanya sampai tahap pengembangan, tahap ke empat atau tahap penyebaran tidak dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan skor persentase 93,75 % dari validasi ahli media, 91,1 % dari validasi ahli materi, 97,5 % dari hasil uji coba terbatas. Rata-rata dari persentase keseluruhan adalah 94,1 %, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran menata produk sub kompetensi dasar peralatan dan perlengkapan display produk konsumtif di kelas XI Pemasaran.
Kata kunci: media pembelajaran, multimedia interaktif, scientific approach, menata produk
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 65