PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN SHOPPING EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Hypermart Ponorogo City Center)

  • NUR FAHMI WINAWATI

Abstract

Hypermart Ponorogo City Center termasuk ritel terbaru dan ritel modern terbesar di Kabupaten Ponorogo. Hypermart Ponorogo City Center harus mempunyai strategi pemasaran untuk dapat merebut hati konsumen agar dapat berkunjung dan berbelanja di gerainya, karena notabene masyarakat Kabupaten Ponorogo masih kental akan belanja secara tradisional. Strategi yang dilakukan diantaranya memahami perilaku belanja konsumen. Impulse buying adalah salah satu perilaku belanja yang sering terjadi pada ritel. Dengan menciptakan store atmosphere, promosi penjualan, dan shopping emotion dapat mempengaruhi terjadinya impulse buying. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh store atompshere dan promosi penjualan terhadap impulse buying dengan shopping emotion sebagai variabel intervening (studi pada konsumen Hypermart Ponorogo City Center). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive dengan jumlah 310 responden. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket dan dianalisis dengan path analysis menggunakan software AMOS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi hubungan langsung antara store atmosphere dan shopping emotion dengan nilai 0,128, promosi penjualan dan shopping emotion dengan nilai 0,337, store atmosphere dan impulse buying dengan nilai 0,136, promosi penjualan dan impulse buying dengan nilai 0,528, shopping emotion dan impulse buying dengan nilai 0,169 dan store atmosphere dan promosi penjualan terhadap impulse buying melalui shopping emotion dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,078. Hal ini menunjukkan bahwa store atmosphere dan promosi penjualan berpengaruh positif terhadap impulse buying melalui shopping emotion pada konsumen Hypermart Ponorogo City Center.

Kata Kunci: Store atmosphere, promosi penjualan, shopping emotion, dan impulse buying

Published
2015-06-11
How to Cite
FAHMI WINAWATI, N. (2015). PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN SHOPPING EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Hypermart Ponorogo City Center). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 374