PENGARUH PERSONAL SELLING DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENABUNG BRITAMA DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. CABANG SIDOARJO
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbulnya fenomena yaitu banyaknya jumlah bank yang ada di Indonesia membuat pihak bank berlomba-lomba untuk meningkatkan jumlah nasabah sesuai dengan target yang ditetapkan. Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah nasabah yaitu dengan menggunakan bauran promosi yang tepat melalui personal selling dan sales promotion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh personal selling dan sales promotion terhadap keputusan konsumen menabung Britama di PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Cabang Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan pada nasabah Britama Bank Rakyat Indonesia Cabang Sidoarjo dengan jumlah 42.820 orang, dengan jumlah sampel 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari personal selling dan sales promotion terhadap keputusan konsumen menabung Britama di PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Cabang Sidoarjo sebesar 62,9% dan sisanya 37,1% dipengaruhi oleh variabel lainnya di luar penelitian ini. Diketahui bahwa variabel personal selling (X1) memberikan pengaruh sebesar 36,3% dan variabel sales promotion (X2) memberikan pengaruh sebesar 8%. Hal ini menunjukkan bahwa personal selling (X1) memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap keputusan konsumen menabung Britama PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Cabang Sidoarjo.
Kata Kunci : Personal Selling, Sales Promotion, Keputusan Konsumen Menabung
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 784