PENGARUH PERSONAL SELLING DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENABUNG BRITAMA DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. CABANG SIDOARJO

  • AGUSTIN AYU RIZKI DIANSARI

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbulnya fenomena yaitu banyaknya jumlah bank yang ada di Indonesia membuat pihak bank berlomba-lomba untuk meningkatkan jumlah nasabah sesuai dengan target yang ditetapkan. Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah nasabah yaitu dengan menggunakan bauran promosi yang tepat melalui personal selling dan sales promotion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh personal selling dan sales promotion terhadap keputusan konsumen menabung Britama di PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Cabang Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan pada nasabah Britama Bank Rakyat Indonesia Cabang Sidoarjo dengan jumlah 42.820 orang, dengan jumlah sampel 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari personal selling dan sales promotion terhadap keputusan konsumen menabung Britama di PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Cabang Sidoarjo sebesar 62,9% dan sisanya 37,1% dipengaruhi oleh variabel lainnya di luar penelitian ini. Diketahui bahwa variabel personal selling (X1) memberikan pengaruh sebesar 36,3% dan variabel sales promotion (X2) memberikan pengaruh sebesar 8%. Hal ini menunjukkan bahwa personal selling (X1) memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap keputusan konsumen menabung Britama PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Cabang Sidoarjo.

 Kata Kunci : Personal Selling, Sales Promotion, Keputusan Konsumen Menabung

Published
2015-06-11
How to Cite
AYU RIZKI DIANSARI, A. (2015). PENGARUH PERSONAL SELLING DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENABUNG BRITAMA DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. CABANG SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 275
PDF Downloads: 784