PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN VARIETY SEEKING TERHADAP BRAND SWITCHING PRODUK INDOMIE (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya)

  • MEILISA SOFIANA PUTRI

Abstract

Kebutuhan konsumen akan mie instan yang meningkat dilihat sebagai peluang bagi beberapa perusahaan. Sayangnya, semakin banyak produk yang ada di pasaran, konsumen akan dihadapkan dengan berbagai pilihan produk dengan berbagai merek dan atribut produk yang menarik. Hal tersebut memicu perilaku pembelian mencari keragaman yang akhirnya membuat konsumen melakukan perpindahan merek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh atribut produk dan variety seeking pada brand switching produk Indomie. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2011/2012-2014/2015 yang pernah mengonsumsi produk Indomie dan melakukan perpindahan merek dari Indomie ke merek lain dengan sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden.. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah atribut produk dan variety seeking berpengaruh secara signifikan dan secara simultan terhadap brand switching produk Indomie. Atribut produk memiliki pengaruh negatif pada brand switching Indomie, sedangkan variety seeking berpengaruh positif terhadap brand switching produk Indomie.

Kata Kunci: Atribut Produk, Variety Seeking, Brand Switching

              
Published
2015-06-11
How to Cite
SOFIANA PUTRI, M. (2015). PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN VARIETY SEEKING TERHADAP BRAND SWITCHING PRODUK INDOMIE (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 147
PDF Downloads: 291