PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN VARIETY SEEKING TERHADAP BRAND SWITCHING PRODUK INDOMIE (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya)
Abstract
Kebutuhan konsumen akan mie instan yang meningkat dilihat sebagai peluang bagi beberapa perusahaan. Sayangnya, semakin banyak produk yang ada di pasaran, konsumen akan dihadapkan dengan berbagai pilihan produk dengan berbagai merek dan atribut produk yang menarik. Hal tersebut memicu perilaku pembelian mencari keragaman yang akhirnya membuat konsumen melakukan perpindahan merek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh atribut produk dan variety seeking pada brand switching produk Indomie. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2011/2012-2014/2015 yang pernah mengonsumsi produk Indomie dan melakukan perpindahan merek dari Indomie ke merek lain dengan sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden.. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah atribut produk dan variety seeking berpengaruh secara signifikan dan secara simultan terhadap brand switching produk Indomie. Atribut produk memiliki pengaruh negatif pada brand switching Indomie, sedangkan variety seeking berpengaruh positif terhadap brand switching produk Indomie.
Kata Kunci: Atribut Produk, Variety Seeking, Brand Switching
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 291