ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH JASA TRANSPORTASI TAKSI RODA DUA (Studi Pada PT. Sahabat Solusi Intermoda-Cak Transport, Surabaya)

  • ILVIANA NANDA

Abstract

Jasa transportasi adalah bagian penting dalam mobilitas masyarakat, sehingga permintaan akan moda transportasi yang aman, nyaman dan tarif yang murah selalu diinginkan oleh konsumen. PT. Sahabat Solusi Intermoda dengan merk Cak Transport menyediakan jasa transportasi taksi roda dua bersifat paratransit yang menyediakan berbagai fasilias penunjang keamanan dan kenyamanan di perjalanan,  dengan tujuan memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat khususnya Kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih jasa transportasi taksi roda dua. Metode penelitian ini adalah analisis faktor konfirmatori. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Metode angket menyertakan 105 responden dari pengguna jasa tasi roda dua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih jasa transportasi taksi roda dua terdiri dari faktor internal yaitu kebutuhan, pendapatan, dan pekerjaan serta faktor eksternal yaitu tarif, lokasi tujuan, pelayanan, ketepatan waktu, keamanan dan kenyamanan. Untuk faktor yang paling dominan dari faktor internal adalah kelompok faktor kebutuhan sedangkan dari faktor eksternal adalah kelompok pelayanan.

Kata Kunci: analisis faktor, keputusan konsumen, taksi roda dua.

Published
2015-06-11
How to Cite
NANDA, I. (2015). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH JASA TRANSPORTASI TAKSI RODA DUA (Studi Pada PT. Sahabat Solusi Intermoda-Cak Transport, Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 100
PDF Downloads: 513