Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Need of achievement terhadap Intensi Berwirausaha dengan Pengalaman Wirausaha sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Mahasiswa Penerima PMW Tahun 2014 di Universitas Negeri Surabaya)

  • HAIFA AMALIA K.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan, need of achievement dan pengalaman kewirausahaan dalam PMW terhadap intensi berwirausaha kalangan mahasiswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Sampel penelitian sebesar 60 responden dengan teknik sampel jenuh. Analisis data menggunakan analisis jalur Hasil analisis menunjukkan bahwa pengetahuan kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap intensi berwirausaha secara langsung maupun tidak langsung. Pengaruh langsungnya sebesar 14,5% sedangkan pengaruh tidak langsungnya sebesar 3,8%. Need of achievement  memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap intensi berwirausaha sebesar 17,7%. Pengalaman kewirausahaan memiliki pengaruh langsung terhadap intensi berwirausaha sebesar 10,2%. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa need of achievement memiliki pengaruh paling besar terhadap intensi berwirausaha dibandingkan dengan pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha maupun pengaruh pengalaman wirausaha terhadap intensi berwirausaha.

Kata Kunci: Pengetahuan Kewirausahaan, Need of achievement, Pengalaman Wirausaha, Intensi Berwirausaha, Program Mahasiswa Wirausaha (PMW).

Published
2015-06-11
How to Cite
AMALIA K., H. (2015). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Need of achievement terhadap Intensi Berwirausaha dengan Pengalaman Wirausaha sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Mahasiswa Penerima PMW Tahun 2014 di Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 139