PENGARUH TEMAN SEBAYA (PEER GROUP) TERHADAP IMITATION BEHAVIOR PEMBELIAN AKSESORIS PADA REMAJA (Studi pada siswi SMA Negeri 11 Surabaya)
Abstract
Perilaku membeli aksesoris berkaitan dengan kebutuhan, untuk memadukan dengan busana yang dimiliki lambat laun pola ini berubah menjadi sebuah keinginan atau kewajiban untuk membeli setiap muncul aksesoris yang baru dikarenakan aksesoris dikenakan setiap hari.Hal ini meningkatnya sebuah pembentukan image produk yang mempengaruhi perilaku seseorang untuk menggunakan aksesoris sebagai trens setter di kelompok remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas dan menganalisis pengaruh teman sebaya (peer group)terhadap imitation behavior pembelian aksesoris pada remaja (studi pada siswi SMA Negeri 11 Surabaya). Jumlah sampel yang diambil sebanyak 65 responden ditentukan dengan random sampling, data dikumpulkan dengan uji instrument angket. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana, uji-t dan uji normalitas. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh yang searah dan signifikan antara teman sebaya dengan imitation behavior pembelian aksesoris pada remaja dengan nilai thitung X 2.890 dengan nilai signifikansi 0.037. teman sebaya memberikan pengaruh sebesar 3,2% terhadap imitation pembelian aksesoris pada remaja dan masuk dalam kategori sangat rendah
Kata kunci: teman sebaya, imitation behavior, pembelian aksesoris pada remaja
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 1967