PENGARUH TEMAN SEBAYA (PEER GROUP) TERHADAP IMITATION BEHAVIOR PEMBELIAN AKSESORIS PADA REMAJA (Studi pada siswi SMA Negeri 11 Surabaya)

  • SANIA SOFIANITA

Abstract

Perilaku membeli aksesoris berkaitan dengan kebutuhan, untuk memadukan dengan busana yang dimiliki lambat laun pola ini berubah menjadi sebuah keinginan atau kewajiban untuk membeli setiap muncul aksesoris yang baru dikarenakan aksesoris dikenakan setiap hari.Hal ini meningkatnya sebuah pembentukan image produk yang mempengaruhi perilaku seseorang untuk menggunakan aksesoris sebagai trens setter di kelompok remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas dan menganalisis pengaruh teman sebaya (peer group)terhadap imitation behavior pembelian aksesoris pada remaja (studi pada  siswi SMA Negeri 11 Surabaya). Jumlah sampel yang diambil sebanyak 65 responden ditentukan dengan random sampling, data dikumpulkan dengan uji instrument angket. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana, uji-t dan uji normalitas. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh yang searah dan signifikan antara teman sebaya dengan imitation behavior pembelian aksesoris pada remaja dengan nilai thitung X 2.890 dengan nilai signifikansi 0.037. teman sebaya memberikan pengaruh sebesar 3,2% terhadap imitation pembelian aksesoris pada remaja dan masuk dalam kategori sangat rendah

Kata kunci: teman sebaya, imitation behavior, pembelian aksesoris pada remaja

Published
2015-06-11
How to Cite
SOFIANITA, S. (2015). PENGARUH TEMAN SEBAYA (PEER GROUP) TERHADAP IMITATION BEHAVIOR PEMBELIAN AKSESORIS PADA REMAJA (Studi pada siswi SMA Negeri 11 Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 160
PDF Downloads: 1967