PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB INTERAKTIF (BLOG) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEMASARAN ONLINE SUB KOMPETENSI DASAR MERANCANG WEBSITE (Studi Pada Siswa Kelas X Tata Niaga SMK Negeri 2 Nganjuk)

  • ANDI DARUS SALAM

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran berbasis website interaktif sehingga menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis website interaktif dan bagaimana peningkatan motivasi belajar dalam pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis website interaktif pada mata pelajaran pemasaran online sub kompetensi dasar merancang website dikelas X TN SMKN 2 Nganjuk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan dan kuantitatif. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan menurut Thiagarajan yaitu model 4D (four D Models. Data yang diperoleh menggunakan tehnik wawancara dan menyebarkan angket kepada siswa kelas X TN SMKN 2 Nganjuk. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran web (blog) sudah sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran karena presentase rata-rata keseluruhan 96% dan 82% oleh ahli media dan ahli materi. Respon siswa dalam uji cobe terbatas mendapatkan presentase rata-rata keseluruhan 95%. Media pembelajaran yang telah dikembangkan oleh peneliti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran web (blog) pada mata pelajaran pemasaran online sub kompetensi dasar merancang website di kelas X TN SMKN 2 Nganjuk sebesar 76%, sedangkan sebelum menggunakan media sebesar 61%.

Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Pembelajaran web interaktif, dan Motivasi Belajar

Published
2015-06-11
How to Cite
DARUS SALAM, A. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB INTERAKTIF (BLOG) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEMASARAN ONLINE SUB KOMPETENSI DASAR MERANCANG WEBSITE (Studi Pada Siswa Kelas X Tata Niaga SMK Negeri 2 Nganjuk). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(2). https://doi.org/10.26740/jptn.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 1349
PDF Downloads: 1507