PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB INTERAKTIF (BLOG) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEMASARAN ONLINE SUB KOMPETENSI DASAR MERANCANG WEBSITE (Studi Pada Siswa Kelas X Tata Niaga SMK Negeri 2 Nganjuk)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran berbasis website interaktif sehingga menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis website interaktif dan bagaimana peningkatan motivasi belajar dalam pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis website interaktif pada mata pelajaran pemasaran online sub kompetensi dasar merancang website dikelas X TN SMKN 2 Nganjuk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan dan kuantitatif. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan menurut Thiagarajan yaitu model 4D (four D Models. Data yang diperoleh menggunakan tehnik wawancara dan menyebarkan angket kepada siswa kelas X TN SMKN 2 Nganjuk. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran web (blog) sudah sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran karena presentase rata-rata keseluruhan 96% dan 82% oleh ahli media dan ahli materi. Respon siswa dalam uji cobe terbatas mendapatkan presentase rata-rata keseluruhan 95%. Media pembelajaran yang telah dikembangkan oleh peneliti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran web (blog) pada mata pelajaran pemasaran online sub kompetensi dasar merancang website di kelas X TN SMKN 2 Nganjuk sebesar 76%, sedangkan sebelum menggunakan media sebesar 61%.
Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Pembelajaran web interaktif, dan Motivasi Belajar
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 1507