PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN INDOMIE KULINER NUSANTARA RASA SOTO (Studi Pada Mahsiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kualitas produk dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian Indomie kuliner nusantara rasa soto di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah adakah pengaruh kualitas produk dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian Indomie Kuliner Nusantara Rasa Soto baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah Fineite yaitu Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya yang berjumlah 2.494 mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, Tekhnik sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling dan dilanjutkan dengan area random sampling untuk mengetahui jumlah responden yang pernah melakukan pembelian Indomie Kuliner Nusantara Rasa Soto. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 Responden yang diketahui dengan menggunakan Rumus Slovin. Pengumpulan data dengan menggunakann angket dan pengujian data dengan mengunakan SPSS. Teknik analisis data yang digunakan berupa Uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang pertama ada pengaruh secara signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian indomie kuliner nusantara rasa soto. Yang kedua ada pengaruh secara signifikan antara promosi penjualan terhadap keputusan pembelian, dan yang ketiga ada pengaruh antara kualitas produk dan promosi penjualan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian Indomie Kuliner Nusantara Rasa Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.
Kata kunci : kualitas produk, promosi penjualan, keputusan pembelian
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 120