PENGARUH RESTAURANT ATMOSPHERE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA DREAM CARS RESTO AND CAFE SURABAYA

  • NETTY LIA MAYASARI

Abstrak

Kepuasan konsumen adalah tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara apa yang dia terima dan harapannya. Seorang pelanggan, jika merasa puas dengan nilai yang diberikan oleh produk atau jasa, sangat besar kemungkinannya menjadi pelanggan dalam waktu yang lama. Mengingat banyaknya faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen maka penelitian ini akan menganalisis pengaruh restaurant atmosphere dan kualitas produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara restaurant atmosphere dan kualitas produk di Dream Cars Resto and Café Surabaya.Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 110 konsumen Dream Cars Resto and Café Surabaya di mana metode yang digunakan adalah non probability sampling dengan pendekatan accidental sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan  metode  survei  melalui  kuesioner  yang  diisi  oleh  konsumen. Analisis Kepuasan konsumen adalah tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara apa yang dia terima dan harapannya. Seorang pelanggan, jika merasa puas dengan nilai yang diberikan oleh produk atau jasa, sangat besar kemungkinannya menjadi pelanggan dalam waktu yang lama. Mengingat banyaknya faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen maka penelitian ini akan menganalisis pengaruh restaurant atmosphere dan kualitas produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara restaurant atmosphere dan kualitas produk di Dream Cars Resto and Café Surabaya. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 110 konsumen Dream Cars Resto and Café Surabaya di mana metode yang digunakan adalah non probability sampling dengan pendekatan accidental sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan  metode  survei  melalui  kuesioner  yang  diisi  oleh  konsumen. Analisis data menggunakan alat analisis uji regresi berganda. Pengujian hipotesa dilakukan dengan menggunakan uji F dan uji t.Hasil analisis data atau hasil regresi menunjukkan bahwa secara simultan restaurant atmosphere dan kualitas produk memengaruhi kepuasan konsumen Dream Cars Resto and Café Surabaya. Besarnya koefisien determinasi (adjusted R square) adalah sebesar 0,48. Hal ini berarti bahwa 48% variabel dependen yaitu kepuasan konsumen konsumen dapat dijelaskan oleh dua variabel independen yaitu variabel restaurant atmosphere dan kualitas produk, sedangkan sisanya 52% kepuasan konsumen dijelaskan oleh variabel atau sebab- sebab lainnya di luar model.Kemudian melalui uji t diketahui bahwa restaurant atmosphere (X1) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen sebesar 3,099 didukung pula dengan tingkat signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 atau 5%, sedangkan kualitas produk (X2) diketahui memiliki nilai sebesar 6,664 didukung pula dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 atau 5%, hal ini menunjukkan variabel kualitas produk (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen Dream Cars Resto and Café Surabaya.

Kata Kunci: Restaurant Atmosphere, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen

Diterbitkan
2015-08-27
Bagian
Articles
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 282