PENGARUH RESTAURANT ATMOSPHERE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA DREAM CARS RESTO AND CAFE SURABAYA
Abstrak
Kepuasan konsumen adalah tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara apa yang dia terima dan harapannya. Seorang pelanggan, jika merasa puas dengan nilai yang diberikan oleh produk atau jasa, sangat besar kemungkinannya menjadi pelanggan dalam waktu yang lama. Mengingat banyaknya faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen maka penelitian ini akan menganalisis pengaruh restaurant atmosphere dan kualitas produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara restaurant atmosphere dan kualitas produk di Dream Cars Resto and Café Surabaya.Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 110 konsumen Dream Cars Resto and Café Surabaya di mana metode yang digunakan adalah non probability sampling dengan pendekatan accidental sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner yang diisi oleh konsumen. Analisis Kepuasan konsumen adalah tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara apa yang dia terima dan harapannya. Seorang pelanggan, jika merasa puas dengan nilai yang diberikan oleh produk atau jasa, sangat besar kemungkinannya menjadi pelanggan dalam waktu yang lama. Mengingat banyaknya faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen maka penelitian ini akan menganalisis pengaruh restaurant atmosphere dan kualitas produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara restaurant atmosphere dan kualitas produk di Dream Cars Resto and Café Surabaya. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 110 konsumen Dream Cars Resto and Café Surabaya di mana metode yang digunakan adalah non probability sampling dengan pendekatan accidental sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner yang diisi oleh konsumen. Analisis data menggunakan alat analisis uji regresi berganda. Pengujian hipotesa dilakukan dengan menggunakan uji F dan uji t.Hasil analisis data atau hasil regresi menunjukkan bahwa secara simultan restaurant atmosphere dan kualitas produk memengaruhi kepuasan konsumen Dream Cars Resto and Café Surabaya. Besarnya koefisien determinasi (adjusted R square) adalah sebesar 0,48. Hal ini berarti bahwa 48% variabel dependen yaitu kepuasan konsumen konsumen dapat dijelaskan oleh dua variabel independen yaitu variabel restaurant atmosphere dan kualitas produk, sedangkan sisanya 52% kepuasan konsumen dijelaskan oleh variabel atau sebab- sebab lainnya di luar model.Kemudian melalui uji t diketahui bahwa restaurant atmosphere (X1) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen sebesar 3,099 didukung pula dengan tingkat signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 atau 5%, sedangkan kualitas produk (X2) diketahui memiliki nilai sebesar 6,664 didukung pula dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 atau 5%, hal ini menunjukkan variabel kualitas produk (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen Dream Cars Resto and Café Surabaya.
Kata Kunci: Restaurant Atmosphere, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 282