PENGARUH PERSEPSI ATRIBUT PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK SEPEDA MOTOR YAMAHA R15 DI SURABAYA DENGAN KEPERCAYAAN MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Tingginya pengguna sepeda motor di Indonesia memicu industri sepeda motor terus berkembang pesat. Salah satu merek yang cukup terkenal di Indonesia adalah Yamaha. Pada awal tahun 2014 yamaha mengeluarkan produk barunya yang diberi nama Yamaha YZF-R15. Secara intensif produk tersebut dikomunikasikan pada para konsumen untuk membentuk persepsi yang positif pada atribut produknya, sehingga timbul rasa percaya pada produk tersebut. Melalui kepercayaan pada produk ini yang akan menumbuhkan minat untuk membeli produk tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi atribut produk terhadap minat beli konsumen pada produk sepeda motor Yamaha YZF-R15 di Surabaya dengan kepercayaan sebagai variabel intervening. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 135 responden. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket dan dianalisis dengan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara persepsi atribut produk terhadap kepercayaan merek dengan nilai 3,455, kepercayaan merek terhadap minat beli dengan nilai 5,170, persepsi atribut produk terhadap minat beli dengan nilai 1,798, dan persepsi atribut produk terhadap minat beli melalui kepercayaan merek dengan pengaruh total sebesar 0,260.
Kata Kunci: Persepsi Atribut Produk, Kepercayaan Merek, Minat Beli
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 119