PENGARUH PERSEPSI ATRIBUT PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK SEPEDA MOTOR YAMAHA R15 DI SURABAYA DENGAN KEPERCAYAAN MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

  • MOHAMMAD RIDUWAN SIDIK

Abstract

Tingginya pengguna sepeda motor di Indonesia memicu industri sepeda motor terus berkembang pesat. Salah satu merek yang cukup terkenal di Indonesia adalah Yamaha. Pada awal tahun 2014 yamaha mengeluarkan produk barunya yang diberi nama Yamaha YZF-R15. Secara intensif produk tersebut dikomunikasikan pada para konsumen untuk membentuk persepsi yang positif pada atribut produknya, sehingga timbul rasa percaya pada produk tersebut. Melalui kepercayaan pada produk ini yang akan menumbuhkan minat untuk membeli produk tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi atribut produk terhadap minat beli konsumen pada produk sepeda motor Yamaha YZF-R15 di Surabaya dengan kepercayaan sebagai variabel intervening. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 135 responden. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket dan dianalisis dengan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara persepsi atribut produk terhadap kepercayaan merek dengan nilai 3,455, kepercayaan merek terhadap minat beli dengan nilai 5,170, persepsi atribut produk terhadap minat beli dengan nilai 1,798, dan persepsi atribut produk terhadap minat beli melalui kepercayaan merek dengan pengaruh total sebesar 0,260.

Kata Kunci: Persepsi Atribut Produk, Kepercayaan Merek, Minat Beli

Published
2016-02-11
How to Cite
RIDUWAN SIDIK, M. (2016). PENGARUH PERSEPSI ATRIBUT PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK SEPEDA MOTOR YAMAHA R15 DI SURABAYA DENGAN KEPERCAYAAN MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4(1). https://doi.org/10.26740/jptn.v4n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 119