ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PASAR TRADISIONAL (Studi Pada Pasar Progo, Desa Tropodo, Waru-Sidoarjo)

  • FIRMAN MAULANA

Abstract

Pasar progo merupakan salah satu jenis pasar tradisional dalam cakupan kecil yang menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat di wilayah perumahan wisma tropodo, desa tropodo, waru-sidoarjo. Pasar tradisional ini awalnya hanya dari seorang pedagang yang memasarkan barang dagangan di sekitar jalan perumahan wisma tropodo hingga dapat berkembang sampai saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apakah yang mempengaruhi keputusan pembelian pada pasar tradisional (studi pada pasar progo, desa tropodo, waru-sidoarjo) serta untuk mengetahui faktor apakah yang paling mempengaruhi keputusan pembelian pada pasar tradisional (studi pada pasar progo, desa tropodo, waru-sidoarjo). Jenis penelitian ini adalah analisis faktor dan teknik analisis  faktor bersifat confirmatoring, berikut faktor-faktor yang dikonfirmasi dari penelitian terdahulu, antara lain budaya, harga, lokasi, kebutuhan fisiologis, kualitas produk, keberagaman produk, kualitas pelayanan, kenyamanan. Teknik pengambilan sampling menggunakan teknik sampling kuota dengan jumlah responden 100 orang. Hasil penelitian ini adalah yang mempengaruhi keputusan pembelian pada pasar tradisional (studi pada pasar progo, desa tropodo, waru-sidoarjo) dipengaruhi oleh 2 kelompok faktor yaitu : faktor kebutuhan fisiologis dengan total varians sebesar 42,863 % dan faktor budaya dengan total varians sebesar 17,052 %. Faktor dalam penelitian ini yang paling mempengaruhi keputusan pembelian pada pasar tradisional (studi pada pasar progo, desa tropodo, waru-sidoarjo) adalah faktor kebutuhan fisiologis yang terdiri dari kebutuhan fisiologis, kenyamanan, kualitas pelayanan, keberagaman produk.

Kata Kunci: Analisis faktor, budaya, harga, lokasi, kebutuhan fisiologis, kualitas produk, keberagaman produk, kualitas pelayanan, kenyamanan

Published
2016-02-11
How to Cite
MAULANA, F. (2016). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PASAR TRADISIONAL (Studi Pada Pasar Progo, Desa Tropodo, Waru-Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4(1). https://doi.org/10.26740/jptn.v4n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 181
PDF Downloads: 325