PENGARUH GAYA HIDUP DAN PERSEPSI KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE ANDROID MEREK SAMSUNG (Studi Pada Mahasiswa S1 Manajemen Angkatan 2012-2014 Universitas Negeri Surabaya)

  • ARINDA PUTRI OKTAVIANA

Abstract

Smartphone android yang menawarkan berbagai macam kelebihan seperti fitur, kecanggihan, dan kualitas yang berbeda-beda. Saat ini smartphone android merek Samsung merupakan telepon genggam yang paling diminati dan menjadi sebuah gaya hidup dikalangan masyarakat indonesia terutama mahasiswa S1 manajemen angkatan 2012-2014 universitas negeri surabaya. Selain gaya hidup, persepsi kualitas produk akan mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian karena dengan adanya persepsi kualitas produk tentu akan mempengaruhi konsumen untuk melakukan perbandingan antara smartphone android satu dengan yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan persepsi kualitas produk terhadap keputusan pembelian Smartphone Android Merek Samsung (Studi Pada Mahasiswa S1 Manajemen Angkatan 2012-2014 Universitas Negeri Surabaya). Penelitian ini menggunakan purposive sampling dan teknik analisis data regresi linier berganda serta kuesioner sebagai alat pengumpulan data responden yang kemudian diolah dengan bantuan program Statistik SPSS for windows dengan jumlah sampel 161 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari gaya hidup dan persepsi kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone android merek Samsung (studi pada mahasiswa S1 manajemen angkatan 2012-2014 Universitas Negeri Surabaya) sebesar 62,6% dan sisanya 37,4% dipengaruhi oleh variabel lainnya di luar penelitian  ini. Diketahui bahwa variabel gaya hidup (X1) memberikan pengaruh sebesar 56,8% dan variabel persepsi kualitas produk (X2) memberikan pengaruh sebesar 2,9%.

Kata Kunci : Gaya Hidup, Persepsi Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Published
2016-02-11
How to Cite
PUTRI OKTAVIANA, A. (2016). PENGARUH GAYA HIDUP DAN PERSEPSI KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE ANDROID MEREK SAMSUNG (Studi Pada Mahasiswa S1 Manajemen Angkatan 2012-2014 Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4(1). https://doi.org/10.26740/jptn.v4n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 118
PDF Downloads: 714