PENGARUH SUASANA KLINIK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA KLINIK KECANTIKAN NAAVAGREEN DI KOTA MOJOKERTO

  • MERITA CAHYA EKA S

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh suasana klinik dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan pada klinik kecantikan Naavagreen di Kota Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif yang berusaha mengetahui pengaruh suasana klinik dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan pada klinik kecantikan Naavagreen di Kota Mojokerto. Populasi penelitian adalah pelanggan wanita klinik Naavagreen dalam waktu 1 minggu yang berjumlah 382 orang. Sampel penelitian berjumlah 79 responden yang ditetapkan secara nonprobability sampling dengan teknik sampel insidental. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa kondisi suasana klinik dan kualitas layanan pada Klinik Kecantikan Naavagreen tergolong baik.  Variabel suasana klinik (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y). Variabel kualitas layanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y). Variabel suasana klinik (X1) dan kualitas layanan (X2) berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan (Y).Sejauh yang sudah dibaca variabel dan obyek penelitian yang digunakan ini belum pernah ditemukan kesamaan dengan penelitian lain.

Istilah Kunci: Suasana kinik, kualitas layanan, dan loyalitas pelanggan

Published
2016-07-25
How to Cite
CAHYA EKA S, M. (2016). PENGARUH SUASANA KLINIK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA KLINIK KECANTIKAN NAAVAGREEN DI KOTA MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 198