PENGARUH GAYA HIDUP, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN BATIK MIROTA SURABAYA

  • GANDES KUSUMODEWI

Abstract

Tren batik yang sedang terjadi di Indonesia, menjadikan permintaan batik di pasar sangat tinggi. Banyak pilihan model kain batik membuat pemakai semakin terlihat fashionable. Hal ini menyebabkan semakin banyak bermunculan bisnis batik di Indonesia. Gaya hidup, kualitas produk, dan harga merupakan faktor yang ikut menentukan seseorang sebelum melakukan keputusan pembelian. Pada gaya hidup aktivitas meliputi pekerjaan, hobi, dan berbelanja; minat meliputi mode dan gengsi; pendapat meliputi terhadap diri sendiri, pendidikan, dan budaya.  Kualitas produk meliputi daya tahan, kehandalan, estetika, dan kualitas yang dipersepsikan. Sedangkan harga meliputi jangkauan harga dengan daya beli konsumen, daya saing harga dengan produk sejenis, dan kesesuaian harga dengan kualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian kain batik di Mirota Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survei melalui angket yang diisi oleh responden. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 83 responden. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Regresi Linear Berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup (X1), kualitas produk (X2), dan harga (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial. Variabel yang dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian adalah variabel harga (X3). Hasil penelitian selanjutnya, diketahui bahwa variabel gaya hidup (X1), kualitas produk (X2), dan harga (X3) berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci : Gaya hidup, kualitas produk, harga, dan keputusan pembelian

Published
2016-07-26
How to Cite
KUSUMODEWI, G. (2016). PENGARUH GAYA HIDUP, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN BATIK MIROTA SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 749
PDF Downloads: 955