PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN VARIAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI CAFÉ ITS MILK SIDOARJO

  • YULIANA SINAGA

Abstract

Perkembangan ekonomi di kota Sidoarjo saat ini telah berkembang ke arah yang lebih baik. Hal ini terlihat sejalan dengan pesatnya  perkembangan dunia bisnis, dimana semakin banyak pelaku usaha membuka dan mengembangkan bisnis mereka. perkembangan bisnis pada bidang café diikuti dengan berkembangnya kualitas layanan yang ditawarkan café. Kualitas layanan  adalah setiap kegiatan atau manfaat yang ditawarkan oleh suatu pihak pada pihak lain dan pada dasarnya tidak berwujud, serta tidak menghasilkan kepemilikan sesuatu. Variasi produk merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan untuk meningkatkan kinerja produk, jika produk tersebut tidak beragam maka produk tersebut tentu akan kalah bersaing dengan produk yang lain. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan pembelian di Café Its Milk Sidoarjo dan bagaimana varian produk terhadap keputusan pembelian. Serta bagaimana kualitas layanan dan varian produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik insidental sampling. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah dengan software SPSS. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 responden, diambil dari konsumen yang datang ke Café Its Milk Sidoarjo. Skala pengukuran penelitian menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan kualitas layanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Café Its Milk Sidoarjo dan varian produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Café Its Milk Sidoarjo. Secara simultan kualitas layanan dan varian produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian di Café Its Milk Sidoarjo sebesar 0.479 atau 48% sedangkansisanya 52% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel yang diteliti oleh peneliti.

Kata kunci: Kualitas Layanan,  Varian Produk, dan Keputusan Pembelian

Published
2016-07-26
How to Cite
SINAGA, Y. (2016). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN VARIAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI CAFÉ ITS MILK SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 169
PDF Downloads: 885