PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE ASUS ZENFONE (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNESA)

  • ABDUR ROCHMAN W

Abstract

Asus Zenfone memiliki banyak peminat di Indonesia dikarenakan Asus Zenfone merupakan salah satunya smartphone yang memiliki processor Intel. Awalnya smartphone hanya menjadi kebutuhan dan kini smartphone sudah menjadi gaya hidup dan barang kebutuhan yang sulit terpisahkan untuk sebagian orang, karena smartphone sudah menyatu dengan diri kita di kehidupan sehari-hari. Fenomena diatas telah dirasakan juga oleh mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (UNESA) khususnya Fakultas Ekonomi, dimana mahasiswa  sudah banyak menggunakan smartphone Asus Zenfone sebagai sarana telekomunikasi dan gaya hidup mereka dalam bergaul. Melihat fenomena diatas peneliti tertarik melakukan penelitian tentang Pengaruh Diferensiasi Produk dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Asus Zenfone pada Mahasiswa FE UNESA. Tujuan penelitian ini adalah(1)Untuk mengetahui pengaruh diferensiasi produk dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian smartphone Asus Zenfone(Studi pada mahasiswa FE UNESA) secara simultan maupun parsial.(2)Untuk mengetahui dari kedua variabel bebas manakah yang dominan berpengaruh terhadap variabel terikat.

Penelitian ini menggunakan jenis data primer sedangkan teknik pengambilan sampelnya menggunakan metode purposive acidental sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 110 responden yang merupakan Mahasiswa FE UNESA yang membeli dan menggunakan Asus Zenfone.Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil pengujian secara simultan menggunakan uji F menunjukkan bahwa Diferensiasi Produk dan Gaya Hidup mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Asus Zenfone, karena nilai Fhitung (55,400) > Ftabel (1,896) dengan tingkat signifikansi <0,05 atau 5%. Hasil pengujian secara parsial menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel Diferensiasi Produk (X1) tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian Smartphone Asus Zenfone, karena nilai thitung sebesar 0,837 dengan nilai signifikansi 0,404 mempuyai nilai yang lebih besar dari tingkat signifikansi < 0,05 atau 5%. Sedangkan untuk variabel Gaya Hidup (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian Smartphone, karena nilai thitung sebesar 8,986 dengan nilai signifikansi 0,000 mempunyai nilai lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05 atau 5%.

Kata Kunci : Diferensiasi Produk, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian.

Published
2016-07-28
How to Cite
ROCHMAN W, A. (2016). PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE ASUS ZENFONE (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNESA). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 62